Mahasiswa KKN UNIVET Bantu Kegiatan Posyandu di Dusun Ngelo

Print Friendly and PDF

Nimas Gita Kusumasari saat membantu layanan Posyandu.

Mahasiswa KKN UNIVET Bantu Kegiatan Posyandu di Dusun Ngelo

Wonogiri- majalahlarise.com -Perangkat Desa Jendi, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri bersama Kader Posyandu dan Mahasiswa KKN UNIVET, Nimas Gita Kusumasari melaksanakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pada tanggal 19 setiap bulannya, yaitu kegiatan posyandu balita dan anak-anak. 

Peran posyandu sendiri sangat penting dalam mendeteksi dini tumbuh kembang anak. Posyandu sendiri memiliki pengertian Pos Pelayanan Keluarga Berencana Kesehatan Terpadu (posyandu) merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat dibidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa.

Kegiatan Posyandu ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Februari 2022 dan dilaksanakan di Gedung Balai Dusun Ngelo RT 04/08, Jendi, Selogiri, Wonogiri. Kegiatan posyandu ini dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai jam 11.00 WIB, dan diikuti oleh 45 balita dan anak-anak. 

Prosedur kegiatan posyandu dimulai dengan 1) pendaftaran, mengisi daftar hadir; 2) penimbangan berat badan, mengukur tinggi badan dan lingkar kepala balita; 3) pencatatan, dengan menyerahkan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang didalamnya berisi catatan kesehatan anak (bayi baru lahir sampai anak usia 5 tahun); 4) penyuluhan, kader posyandu memberi informasi cara menajaga kesehatan ibu dan anak; 5) pelayanan kesehatan, pemeberian vitamin A dan PMT (Pemberian Makanan Tambahan). (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top