Dua Mahasiswa Unisri Magang Kerja di Kantor ATR/BPN Pacitan

Print Friendly and PDF

Shinta Karina Putri dan Yenika Sari saat foto bersama usai penyerahan cinderamata kepada Pimpinan Kantor ATR/ BPN Pacitan.


Dua Mahasiswa Unisri Magang Kerja di Kantor ATR/ BPN Pacitan

Solo- majalahlarise.com -Dua mahasiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) mengikuti program magang kerja di Kementrian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Pacitan, mereka adalah Shinta Karina Putri dan Yenika Sari dari Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi.

Salah satu peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka Magang Kerja (MBKM Magang Kerja) Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), Shinta Karina Putri  dengan Dosen Pembimbing Magang (DPM) Dr. Hudi Kurniawanto, SE. MM. melaksanakan program magang kerja di Bagian Keuangan Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Merdeka Belajar Kampus Merdeka Magang Kerja (MBKM Magang Kerja) merupakan model pembelajaran bagi mahasiswa berbasis magang kerja. Pelaksanaan magang kerja Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi dimulai pada tanggal 1 November 2021 sampai dengan 31 Desember 2021. 

Shinta Karina Putri dan Yenika Sari saat magang di ATR/ BPN Kabupaten Pacitan.

Pada tahun 2021 ini mengalami perubahan bentuk magang kerja menjadi MBKM Magang Kerja yang merupakan bentuk dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu Pengabdian kepada masyarakat dengan implementasi berupa kegiatan MBKM Magang Kerja. Sebagai bentuk untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Ekonomi UNISRI Surakarta.

Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan adalah salah satu entitas akuntansi di bawah Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Salah satu pelaksanaannya adalah menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan. 

Magang kerja di Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, mereka mendapat beberapa pengalaman seperti; Rekapitulasi Daftar Setoran Penerimaan Negara (Pajak) Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Pelatihan Aplikasi SAS 2021 versi 21.0.16 (Aplikasi Bendahara Pengeluaran), Mengadministrasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Keuangan, Menyusun Kwitansi Pendaftaran Rutin Sertifikat di Loket Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan, Rekapitulasi Buku Pencatatan Penerimaan Dan Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Rekapitulasi Buku Pencatatan Penerimaan Dan Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Digitalisasi Dokumen Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memperoleh pengetahuan tentang sistem kerja yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan sekaligus mengaplikasikan keilmuan yang kami pelajari di bangku kuliah. Dengan magang kerja ini sangat melatih kami belajar disiplin dan rasa tanggung jawab dalam bekerja tim ataupun mandiri," terang Shinta Karina Putri kepada majalahlarise.com. (Sofyan)

 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top