Achmad Ummam, Mahasiwa Unisri Magang Kerja di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasarkliwon Surakarta

Print Friendly and PDF

Achmad Ummam saat magang di kantor KUA kecamatan Pasarkliwon.

Achmad Ummam, Mahasiwa Unisri Magang Kerja di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasarkliwon Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa Magang Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), Achmad Ummam Prodi Manajemen dengan Dosen Pembimbing Magang Fabiani Rengganesti, melaksanakan magang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pasarkliwon Kota Surakarta dimulai dari tanggal 1 November 2021- 31 Desember 2021.

Praktik kerja atau magang merupakan mata kuliah sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam hal ini Mahasiswa dibekali pengetahuan di KUA selama magang, baik itu pengetahuan yang ada kaitannya dengan Kampus maupun pengetahuan yang bersifat umum, Mahasiswa selama magang di mana saja sebenarnya ada pengalaman tersendiri yang di dapat selama magang di Instansi tersebut.

“Mungkin kebanyakan orang akan heran dan menganggap aneh karena pada umumnya jurusan manajemen seharusnya melakukan kegiatan magang ini di sebuah perusahaan yang ada keterkaitan dengan ekonomi ataupun akuntansi seperti bank dan koperasi, akan tetapi kami yakin di instansi yang berbeda kami juga bisa mengaplikasikan teori yang selama ini kami dapatkan dikampus,” ujar Achmad Ummam kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan, dalam melaksanakan magang selama kurang lebih dua bulan, pengalaman tentu menjadi hal utama yang dirasakan mengetahui bagaimana lingkungan dan proses kerja yang sebenarnya. Secara umum  dirinya mengaku mengambil banyak sekali pelajaran dari magang kerja yang dilakukannya.

Banyak pengalaman didapatkan selama magang kerja di KUA Pasarkliwon  sebagai resepsionis yang berhadapan dengan orang langsung , pembuatan surat numpang nikah (rekomendasi), legalisir surat, membuat agenda surat masuk, mencari dokumen untuk orang validasi data (jonggolan), pengambilan buku nikah dan memberi informasi kepada tamu ketentuan baru dari pemerintah kepada tamu yang mau nikah di kantor KUA dan para saksinya bahwa KTP dengan domisili Solo harus menujukan surat vaksin dan KTP domisili luar Solo harus vaksin dan menujukan surat rapid atau antigen. Saya selama magang di KUA Pasarkliwon sudah seperti keluarga bersama dengan pegawai di KUA Pasarkliwon.

"Pengalaman Praktik Kerja atau Magang ada manfaat yang dirasakan seperti bertemu/berhadapan dengan orang baru, memahami tentang perkantoran dan sistem kerja di dunia nyata, mengetahui prosedur pelayanan publik," ujarnya.

Kepala Kua Pasarkliwon, Rohmat Agung Suprayogi, S.Ag. berharap kerjasama antar pihak KUA dan Unisri  yang  terjalin berjalan baik dan harmonis, sehingga kedepannya mahasiswa yang magang di KUA bisa nyaman dan bekerja dengan baik. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top