KKN Univet 2021, Pembuatan dan Penyajian Wedang Uwuh dengan Berbagai Manfaatnya

Print Friendly and PDF

Siti Wulandari membuat wedang uwuh.

KKN Univet 2021, Pembuatan dan Penyajian Wedang Uwuh dengan Berbagai Manfaatnya

Karanganyar- majalahlarise.com -Wedang Uwuh Merupakan minuman hangat dari berbagai rempah warisan budaya Solo. Wedang uwuh merupakan minuman asli Yogyakarta yang berbahan dasar kayu secang, jahe, daun pala, daun kayu manis, ranting cengkeh, cengkeh, dan daun cengkeh. 

Menurut Masyarakat minuman wedang uwuh memiliki banyak khasiat, salah satunya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. "Jika sistem kekebalan tubuh manusia baik, maka bisa memerangi Covid-19 saat pandemi seperti ini," kata Wulan mahasiswa Univet, Rabu (15/9/2021). 

Pandemi Covid-19, bilang dia, telah menjadi masalah kesehatan yang serius. Sudah dua tahun lebih pandemi Covid-19 menjadi mimpi buruk bagi dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, memerangi Covid-19 bisa dilakukan dengan mengasup nutrisi seimbang dan zat untuk imunomodulator. 

"Salah satunya minuman wedang uwuh yang kaya akan antioksidan dan dapat digunakan sebagai imunomodulator," ucap dia. 

Imunomodulator, sebut dia, merupakan zat atau substansi yang dapat memodifikasi respons imun dengan mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif, seperti mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. "Artinya, dengan mengonsumsi imunomodulator, maka akan mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu. Ketika imun kuat, maka bisa melindungi diri dari Covid-19," kata dia.

Selain peningkatan imun yang dilakukan individu masing-masing, pemerintah Indonesia juga sudah menjalankan berbagai upaya dalam memerangi Covid-19, yakni: 

1. Program vaksinasi. 

2. Kebijakan new normal. 

3. Mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. 

Selain bisa mencegah masuknya Covid-19 ke dalam tubuh, kandungan wedang uwuh pun telah terbukti memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain: 

1. Bisa sebagai antikanker. 

2. Bisa sebagai antiinflamasi. 

3. Bisa sebagai antihiperkolesteorolemia. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top