100 Pemuda Pemudi Karang Taruna Kecamatan Eromoko Mengikuti Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

Print Friendly and PDF

Sesi tanya jawab kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas.

100 Pemuda Pemudi Karang Taruna Kecamatan Eromoko Mengikuti Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas 

Wonogiri- majalahlarise.com -Polres Wonogiri dalam hal ini ini melalui unit Kamsel Satlantas Polres Wonogiri menyelenggarakan kegiatan sosialisasi tertib lalu lintas untuk Karang Taruna tiga desa di Kecamatan Eromoko yaitu Desa Baleharjo, Desa Sumberharjo dan Desa Ngunggahan. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 15 hingga 17 September 2021 bertempat di Balaidesa masing-masing. 

Selama kegiatan dihadiri oleh Kanit Kamsel Satlantas Wonogiri Ipda Sutarto yang juga selaku narasumber sosialisasi beserta jajarannya. Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah membentuk pemuda yang taat dan patuh serta beretika dalam berlalu lintas guna terciptanya Keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Dalam materi yang disampaikan Ipda Sutarto menyampaikan tingginya kematian akibat kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pelanggaran lalu-lintas. Sebagai contoh tidak memahami rambu-rambu di jalan, tidak memperhatikan batasan kecepatan berkendara serta tidak menggunakan standar keamanan berkendara. Materi meliputi penyebab kecelakaan di jalan, rambu-rambu lalulintas serta kelengkapan berkendara. Sosialisasi ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan.

Titik pertama sasaran sosialisasi dilaksanakan di desa Baleharjo tanggal 15 September dengan sasaran peserta 50 orang dibagi menjadi dua gelombang untuk gelombang pertama dilaksanakan pagi pukul 08.00 WIB dan untuk gelombang kedua dilaksanakan siang hari pukul 11.00 WIB dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. 

Sesi foto bersama usai kegiatan sosialisasi tertib berlalu lintas.

Baca juga: KKN Univet 2021, Kembangkan Tanaman Kacang Hijau

Dalam sambutan kepala desa Sulino, S.Pd menyampaikan pesan bahwa pemuda yang mengikuti kegiatan merupakan Duta keselamatan di Dusun nya masing-masing, diharapkan peserta setelah mengikuti pelatihan dapat menyampaikan pesan yang serupa pada teman-yang lainnya di rumah.

Hal yang sama disampaikan juga oleh Kepala Desa Sumberharjo Koko Pujiatmiko dihadapan 25 perwakilan pemuda /pemudi Karang Taruna, beliau menugaskan tiap anak anak yang mengikuti sosialisasi ini menjadi duta keselamatan yang mempunyai tugas ikut mengingatkan pentingnya taat peraturan lalu lintas di lingkungan mereka. 

Bertugas menjadi narasumber di Desa Sumberharjo IPTU Darmin, SH, MH selaku Kaur Bin Ops Satlantas Polres Wonogiri. Ditambahkan dalam materi yang disampaikan  selain taat rambu lalu lintas di jalan, para pengguna sepeda motor yang menggunakan knalpot bodong juga dihimbau untuk diganti menggunakan knalpot standar. Saat ini satlantas Wonogiri sedang digencarkan operasi penertiban knalpot bodong.

Hari terakhir sosialisasi bertempat di Desa Ngunggahan Kecamatan Eromoko, sama dengan desa yang lain menyasar 25 anggota karang taruna desa yang mayoritas adalah siswa SMP dan SMA sederajat . Selaku narasumber Ipda sutarto. Kepala Desa Ngunggahan Widyanto mengapresiasi kegiatan ini sebagai kegiatan yang positif dan hendaknya berkelanjutan dan rutin sehingga keberadaan Polisi tidak lagi ditakuti namun benar-benar dapat menjadi sahabat masyarakat.

Pada roadshow sosialisasi tertib lalu lintas ini selalu dihadiri oleh aktivis pendidikan non formal yang bergerak di bidang kursus dan pelatihan Dwi Suswatiningsih selaku pimpinan LKP I-ON yang menyelenggarakan kursus mengemudi. Di sela-sela kegiatan sosialisasi Dwi juga memberikan beberapa tips dalam berkendaraan yang berkeselamatan bukan berkecepatan, selain itu Dwi juga berpesan dalam berkendara seseorang haruslah dalam keadaan yang sadar, sadar dengan keadaan dirinya sadar dengan kendaraan yang dinaiki, dan sadar dengan lingkungan disekitar yang dilewatinya sehingga akan tercipta berkendaraan yang nyaman menyamankan aman mengamankan dan tidak akan terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan.

Guna memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta sosialisasi Satlantas Polres Wonogiri menyediakan door prize berupa helm payung dan sarung tangan sebagai kelengkapan keamanan berkendara, kegiatan ini kedepan akan dilaksanakan lebih meluas lagi tidak hanya di wilayah Eromoko mungkin bisa merambah di semua kecamatan yang ada di Wonogiri disesuaikan dengan anggaran yang ada guna terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). (Sofyan)


Baca juga: Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Menggelar Workshop Penyusunan Kurikulum MBKM



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top