Kekuatan Doa Dalam Berwirausaha

Print Friendly and PDF

Sofyan Yuli Antonius, S.Sos

Kekuatan Doa Dalam Berwirausaha

Oleh: Sofyan Yuli Antonius, S.Sos

Manusia sebagai makhluk yang memiliki kemampuan berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pemenuhan ini demi keberlangsungan hidupnya. Oleh karena itu, manusia selalu bekerja dan berusaha dalam berbagai bidang usaha tanpa terkecuali menjadi seorang wirausaha.

Dalam berwirausaha tentunya berbagai situasi dan kondisi siap dihadapi. Begitu pula berbagai perubahan-perubahan terjadi diantaranya ketidakpastian. Sebagai contoh ketidakpastian perubahan harga bahan baku dan produksi naik, kesulitan penjualan pasca produksi serta sumber daya manusia mengalami penurunan semangat maupun produktifitas.

Sebagai seorang wirausaha tentunya terus berupaya sekuat tenaga mengatasi permasalahan tersebut sebaik-baiknya. Salah satu cara yang dilakukan dengan kekuatan doa.

Doa menjadi modal utama dan pertama kali dilakukan ketika terjadi permasalahan. Sebab manusia tidak akan bisa mengatasi permasalahan tanpa campur tangan Allah SWT. Doa dalam pengertian ini memohon pertolongan kepada Allah SWT Yang Maha Penolong, Maha Mengetahui dan Maha Memberi solusi terbaik bagi hambaNya yang memohon pertolongan.

Dalam ajaran Agama, doa menjadi landasan utama sebelum melakukan usaha maupun pekerjaan. Oleh sebab itu, Doa teruslah dipanjatkan disaat memulai bekerja, ketika melakukan bekerja, maupun setelah selesai bekerja. Sehingga usaha atau pekerjaan yang dilakukan mendapatkan hasil yang bagus serta membawa berkah untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain.

Selain kekuatan doa, perilaku seorang wirausaha yang dilakukan dalam bekerja juga harus diperhatikan. Jangan sampai melewati batas-batas ketentuan yang sudah digariskan dalam ajaran Agama. Sehingga dalam berusaha ada energi positif yang akan menghasilkan produk dan hasil positif pula.

Selamat berwirausaha. Salam sukses dan bahagia. (*)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top