KKG Gugus Ronggo Warsito Kecamatan Ngadirojo Gelar Gernas Tastaka

Print Friendly and PDF

Kegiatan pelatihan pembelajaran matematika yang menyenangkan bersama Gernas Tastaka. 

KKG Gugus Ronggo Warsito Kecamatan Ngadirojo Gelar Gernas Tastaka

Wonogiri-majalahlarise.com-Guna peningkatan pembelajaran Matematika, Kelompok Kerja Guru (KKG)  Gugus Ronggo Warsito, Ngadirojo menggelar kegiatan Gernas Tastaka (Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Matematika). Kegiatan dibagi dua tahap yakni tatap muka sesi satu dilakukan pada tanggal 16 dan 17 November 2019 dilanjutkan online 23-24 November 2019 bertempat di SD Negeri 1 Ngadirojo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan masing-masing dua guru SD dari semua kecamatan di Kabupaten Wonogiri ditambah empat guru dari masing-masing gugus di Kecamatan Ngadirojo. Sebagai narasumber adalah trainer dari Gernas Tastaka, Deshinta Puspa Ayu Dwi Argaswari dan Susi Dariah dari Sampoerna University Jakarta.

Ketua Gugus Ronggo Warsito, Mulyadi S.P.SD menyampaikan kegiatan merupakan upaya dari para guru KKG Ronggo Warsito Kecamatan Ngadirojo dalam meningkatkan kompetensi guru dan peningkatan konsep-konsep pembelajaran matematika sekolah dasar di Kecamatan Ngadirojo dan Kabupaten Wonogiri pada umumnya.

"Para peserta ini diharapkan dapat mendiseminasikan serta mengembangkan di kecamatan masing-masing atau di gugus dan sekolah, sehingga pembelajaran matematika benar-benar menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan tidak menakutkan bagi anak," ujarnya.

Selanjutnya, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri diwakili oleh Kepala Bidang PTK Retno Puspitorini, S.H, M.Hum menyampaikan pada dasarnya masalah utama dalam pendidikan adalah kuantitas (jumlah guru) maka sebagai upaya nyata Dinas Pendidikan Wonogiri memberdayakan dan meningkatkan kompetensi dari para guru yang ada saat ini. Upaya nyata ini terbukti dengan diadakannya kegiatan peningkatan pembelajaran Matematika Gernas Tastaka yang diselenggarakan oleh KKG Ronggo Warsito Kecamatan Ngadirojo.

"Kami berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih memahami dan meluruskan konsep-konsep pembelajaran matematika sesuai dengan kaidah keilmuan dan perkembangan ilmu dan teknologi," terangnya.

Sedangkan ketua pelaksana dan ketua KKG Ronggo Warsito kecamatan Ngadirojo, Choirul Fadhi.P.P, S.Pd, M.Pd,  menyampaikan kegiatan ini sebuah gerakan maka peserta diharapkan terus bergerak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan menularkan kepada guru di sekolahnya maupun di kecamatan masing-masing.

"Kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan dengan tiga sesi dan setiap sesi dilaksanakan  dua hari tatap muka. Jadi pada sesi yang akan datang akan dibahas lagi tentang konsep-konsep matematika geometri, pengukuran, statistika probabilitas dan assessment, "jelasnya.

Selanjutnya jika peserta sudah menyelesaikan tiga sesi maka dianggap sudah cukup untuk melaksanakan diseminasi dan menjadi pelatih di daerah masing-masing. Hal ini tentunya akan memberikan dampak secara luas di Kabupaten Wonogiri.

"Gerakan ini memang menuntut jiwa kerelawanan para guru untuk berbagi sehingga konsep-konsep pembelajaran matematika yang selama ini berorientasi pada penyelesaian masalah dapat diubah menjadi penanaman konsep-konsep matematika secara benar ditanamkan kepada anak," ungkap Choirul.

Hadir dalam kesempatan ini Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Ngadirojo, pengawas SD Kecamatan Ngadirojo, seluruh kepala sekolah SD se Gugus Ronggo Warsito, Pengurus K3S Kecamatan Ngadirojo dan Ketua Forum K3S  Kabupaten Wonogiri. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top