Pelatihan MC, Presenter, Reporter TV FISIP Univet Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Sari Nugraha (Penyiar LPP RRI Surakarta) saat menyampaikan materi MC dan Presenter.
Nanik Hastuti (Reporter Kompas TV) saat menjelaskan tentang cara pengambilan gambar video menggunakan kamera HD dalam liputan TV
Pelatihan MC, Presenter, Reporter TV FISIP Univet Sukoharjo

Sukoharjo-majalahlarise.com-Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univet Bantara Sukoharjo menggadakan pelatihan master of ceremony (MC), presenter dan reporter TV. Pelatihan ini menghadirkan pembicara Sari Nugraha (Penyiar LPP RRI Surakarta) dan Nanik Hastuti (Reporter Kompas TV). Kamis (12/7/2018). Bertempat di ruang 1 Gedung D lantai 2 FISIP Univet.
     Dalam pemaparan materi, Sari Nugraha menjelaskan master of ceremony (MC) atau pembawa acara orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus memimpin acara, menghandle acara dan bertanggung jawab atas keberlangsungan acara.
     “Tugas MC diantaranya memandu acara dari opening hingga closing berjalan lancar sesuai rundown, menghidupkan acara agar tidak monoton dan menjadi menarik serta segar, menguasai seluruh aspek, menjadi jembatan dalam membangun hubungan antara pengisi acara/ narasumber/ pembicara dengan audience, mampu menjaga antusisasme, kemeriahan suasana dan komando serta pengarah bagi audience,” paparnya.
     Untuk menjadi MC yang baik, menurut Sari yang perlu dilakukan yakni mengenali acara yang akan dipandu, datang  minimal 30 menit sebelum acara, libatkan audience, lempar pertanyaan yang bisa dijawab audience, perhatikan kostum dan penampilan serta senyum, penguasa microphone.
     “Seorang MC dalam membawakan acara harus sesuai acara yang akan dibawakan serta perlu persiapan materi maupun penampilan. Dalam MC acara resmi protokoler tidak perlu memakai basa-basi langsung pada intinya, penyebutan tamu dari yang tertinggi dulu, ketika sambutan dari pejabat yang rendah ke tinggi,” terangnya.
     Reporter Kompas TV, Nanik Hastuti menyampaikan seorang reporter TV harus menguasai penggunaan kamera video saat pengambilan gambar diusahakan gambar tidak goyang. “Gambar yang dimbil dari sudut long, medium, detail, close up harus ada. Obyek yang diambil sesuatu yang unik, menarik sesuai nilai berita,” ungkapnya.
     Dekan FISIP Univet, Drs. Joko Suryono, M.Si dalam sambutan mengatakan pelatihan ini menghadirkan narasumber praktisi yang sudah berpengalaman dibidang MC, presenter dan reporter TV. Harapan mahasiswa dapat mengikuti secara fokus dan serius sebagai bekal ketika lulus nanti.
     Sementara itu, Ketua Panitia, Haryanto, M.Kom menuturkan peserta dari mahasiswa semester empat sebagai upaya memberi bekal ketrampilan cara membawakan acara dan menjadi reporter TV. Pelatihan juga diikuti siswa SMAN 1 Manyaran.
     “Kami berharap mahasiswa setelah pelatihan ini dapat membawakan acara dan sebagai reporter TV. Selain itu, tetap menjalin komunikasi dengan narasumber untuk konsultasi jika ada kesulitan,” katanya. (Sofyan)












Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top