FEB UNS Mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Bagi UMKM Produk Kuliner Mitra Binaan BMT Fadhillah Sentosa Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Suryanto, S.Sos, selaku Kabid UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukoharjo saat menyampaikan keterangan pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

FEB UNS Mengadakan Pelatihan dan Pendampingan Bagi UMKM Produk Kuliner Mitra Binaan BMT Fadhillah Sentosa Sukoharjo

Sukoharjo- majalahlarise.com -Kondisi pandemi yang berangsur membaik memberikan angin segar bagi UMKM untuk bangkit setelah dilanda badai Covid-19 yang membuat usahanya kembang kempis. Menurut keterangan Suryanto, S.Sos, selaku Kabid UMKM Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukoharjo, selama pandemi terjadi kenaikan yang sangat signifikan untuk jumlah UMKM yang sebelumnya 20.000 menjadi 224.000. Kondisi ini menuntut pemerintah untuk bekerja keras dalam pengembangan dan pemberdayaan UMKM.

Tim Pengabdian Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret yang diketuai oleh Tri Mulyaningsih S.E., M.Si., Ph.D bekerjasama dengan KSPPS BMT Fadhillah Sentosa Sukoharjo bersinergi dengan pemerintah kabupaten Sukoharjo, melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM serta MES (Masyarakat Ekonomi Syariah).

BMT Fadhillah Sentosa Sukoharjo dipilih sebagai mitra kegiatan karena lembaga ini merupakan salah satu BMT di Solo Raya yang mendapatkan pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sebesar 4 M pada tahun 2020. 

Baca juga: Murid SD Muhammadiyah PK Kottabarat Lepas Burung Pipit Simbol Merdeka Belajar

Pada Praktek penyalurannya, Manager BMT Dedeh Hamidah membutuhkan mitra yang bisa membantu untuk melatih dan mendampingi UMKM agar bisa meningkatkan pendapatannya sekaligus bankable sehingga menunjang program inklusi keuangan. 

Kegiatan pengabdian ini diwujudkan dalam bentuk pelatihan sehari pada Rabu, 20 Juli 2022 dengan tujuan agar UMKM naik kelas dengan Go Modern. Pemateri pertama Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Sukoharjo yang berisikan fasiltasi UMKM untuk perijinan usaha, peningkatan SDM, kewirausahaan dan penciptaan pasar. 

Pemateri kedua oleh Roviq Adi Prabowo (One Academy) dengan tema Perencanaan Keuangan UMKM. Pemateri ketiga adalah Trust UMKM dengan Lembaga Keuangan serta digital marketing oleh Ibrahim Fatwa Wijaya (Ketua MES Surakarta) dan Pemateri Keempat, Malik Cahyadin (Dosen FEB UNS) dengan tema Strategi pengajuan pembiyaan ke Lembaga Keuangan serta penyusunan cash flow sederhana. (Sofyan) 


Baca juga: Pemberdayaan Masyarakat, Tim Dosen FE UVBN Sukoharjo Memberikan Pelatihan Budidaya dan Kewirausahaan Bisnis Sayuran Hidroponik pada Kelompok PKK



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top