Undang Alumni Berprestasi Sebagai Narsum Creative Sharing Aradhana Fest 2022 FSRD ISI Surakarta

Print Friendly and PDF

Alumni berprestasi saat memberi motivasi kepada mahasiswa di Creative Sharing Aradhana Fest 2022 FSRD ISI Surakarta.

Undang Alumni Berprestasi Sebagai Narsum Creative Sharing Aradhana Fest 2022 FSRD ISI Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Sebagai pemateri acara Creative Sharing Aradhana Fest 2022 dengan mengundang lima alumni berprestasi dari FSRD ISI Surakarta,  dimana kelima alumni merupakan mahasiswa lulusan yang telah menorehkan beberapa prestasi baik tingkat lokal, regional, nasional, dan Internasional. 

Keberadaan alumni sangatlah penting sebagai bagian integral dari perguruan tinggi, untuk itu civitas akademik FSRD ISI Surakarta lewat Aradhana Fest 2022 dengan rangkaian acara pendukung berupa Creative Sharing dengan tema Prestasi Mahasiswa FSRD ISI Surakarta yang melibatkan alumni berprestasi baik saat kuliah maupun setelah berkarier yang telah ditekuni selama ini. 

Para alumni ini diundang untuk menjadi pembicara dalam rangkaian Aradhana Fest 2022 untuk berbagi pengalaman, tips dan trik, serta memberikan motivasi kepada para mahasiswa agar terus berprestasi pada Rabu, 25 Mei 2022 di area lokasi pameran Galeri Seni Rupa dan Gedung Seni Rupa Murni di Kampus FSRD ISI Surakarta, Mojosongo. 

Alumni yang dihadirkan dalam Aradhana Fest 2022 ini berasal dari 5 (lima) program studi, yakni Arif Zainudin S.Ds. (Prodi Desain Interior), Bayu Asri, S.Sn (Prodi Desain Komunikasi Visual), Wahyu Nur Hidayat S.Tr.Sn (Prodi Desain Mode Batik), Intan Anggun Pangestu S.Trn., M.Sn (Prodi Studi Keris dan Senjata Tradisional), dan Ari Wuryanto, S.Sn (Prodi Seni Murni). Kelima alumni berprestasi tersebut akan memaparkan pengalaman dan perlunya mengembangkan potensi baik saat kuliah agar mampu dan meningkatkan karier setelah lulus nantinya. 

Baca juga: IKAHUM Unisri Surakarta Adakan Halal Bi Halal Lintas Angkatan Tahun 1978-2005

Oleh Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa dengan menghadirkan lima alumni sebagai pemateri tersebut diharapkan mahasiswa akan termotivasi untuk selalu meningkatkan kompetensi dan prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik kedepannya. 

Pada sesi pertama pembicara alumni dari Prodi Desain Interior, Arif Zainudin S.Ds. yang pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ada banyak cara yang harus dilakukan untuk memperjuangkan mimpi. Semangat dan kegigihannya untuk terus ikut dan mencoba kompetisi-kompetisi di dalam negeri ataupun luar negeri dilakukan. Keberhasilan Arif terlihat pada beberapa prestasi yang dia dapatkan selama kuliah antara lain pernah mengikuti design training di RMIT University, Melbourne Australia, Juara pertama Aciar Furniture Design Compettion, TOP 30 Biografer Writer, TOP 5 Indecor Interior Design Competition, Juara 2 Batik Design Pertamina, Juara pertama Idea Challenge Kinetic Art by Ideanation dan beberapa prestasi lainnya. 

Arif Zaunidun setelah menyelesaikan bangku kuliah di ISI Surakarta fokus dengan bidang yang digeluti dengan membuat perusahaan bidang arsitektur, desain interior  dan desain produksi yang bernama ARZSTUDIO. 

Pembicara kedua yaitu Bayu Asri, S.Sn merupakan alumni dari Prodi Desain Komunikasi Visual yang selama menjadi mahasiswa telah mendapatkan penghargaan sebagai tim lolos Program Kreativitas Mahasiswa pada 2015, 2016, dan 2017, Juara 1 Program mahasiswa Wirausaha PMW (2015), Juara IHMA Award (International Hologram Manufactures Association) dan beberapa prestasi lainnya. Bayu Asri dalam kesempatannya ketika menjadi mahasiswa lebih memfokuskan untuk prestasi yang berkaitan dengan penelitian. 

Sesi ketiga mengundang Wahyu Nur Hidayat S.Tr.Sn dari Prodi Desain Mode Batik. Wahyu saat ini disibukan dengan kegiatan bersama Putra Putri Pariwisata Jawa Tengah 2022 dan desainer di Kebumen berbagi pengalaman yang sudah menorehkan beberapa prestasi, antara lain Juara Harapan 3 Festival Drama Bahasa Jawa Unnes 2011, Juara 1 Drama Pelajar DKD Kebumen 2012, Juara Drama Musikal STAINU Kebumen 2013 dan masih banyak lagi. 

Selanjutnya pada sesi kedua Intan Anggun Pangestu S.Trn., M.Sn lulusan dari Prodi Studi Keris dan Senjata Tradisional. Intan yang juga sebagai lulusan S2 Penciptaan dan Seni bidang seni rupa ini aktif menjadi anggota Bratasura (Bawarasa Tosan Aji) Surakarta. 

Kedua narasumber ini membagi pengalaman bagaimana terus berkarya, berprestasi dan aktif dalam kegiatan masyarakat setelah lulus dari ISI Surakarta. 

Pada sesi terakhir alumni dari Prodi Seni Murni, Ari Wuryanto, S.Sn  juga ikut membagikan pengalaman selama menjadi mahasiswa di ISI Surakarta. Ari sebagai seniman lukis aktif di beberapa kegiatan dan komunitas sastra “Kamar Kata” dan menjadi pengurus di Lembaga Persatuan Pemuda (LPP). Beberapa pengalaman berkarya antara lain Pameran Seni Rupa “20 Titik”, dan beberapa pameran lainnya. 

Pada creative sharing ini, Ari menceritakan dan membagi pengalamannya tentang proses kreatif penciptaan karya saat kuliah dan setelah lulus kuliah, serta memotivasi kepada mahasiswa yang hadir untuk intens berkarya baik atas tuntutan kuliah ataupun pribadi. Pada kesempatan tersebut Ari Wuryanto, S.Sn menyampaikan pesan untuk menjadi lulusan prodi seni murni sudah semestinya adaptif berhadapan lingkungan baik dalam lingkungan pendidikan dan sosial. 

Menurutnya seni adalah kebutuhan, semestinya seseorang yang paham akan kebutuhan pasti mampu menemukan jalan untuk terus berkarya dalam kondisi apapun. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top