Workshop Konten Kreatif Hantarkan Desa Wayang ke Dunia Maya

Print Friendly and PDF

Workshop editing video untuk konten kreatif medsos.

Workshop Konten Kreatif Hantarkan Desa Wayang ke Dunia Maya

Klaten- majalahlarise.com -Butuh sebagai Desa Wayang perlu dikenal luas oleh masyarakat di dunia maya, terutama generasi muda. Untuk itu, Prodi Film dan Televisi ISI Surakarta mengadakan pelatihan creative content bagi beberapa pemudi keluarga perajin wayang di Desa Sidowarno. Workshop konten kreatif dilakukan selama 5 hari di setiap akhir pekan bulan April 2022 bertempat di Joglo Omah Wayang. 

Peserta pelatihan yang terdiri tim media Desa Wayang tersebut dilatih oleh empat mahasiswa instruktur dari Prodi Film dan Televisi, yaitu Ulil Absor, Laska Indah Wulankawukir, Adhi Hamdan, dan Simfoni J. Firdausi. Mereka dilatih tentang penguasaan konsep visual, videografi, syuting, dan editing untuk kebutuhan konten kreatif di media sosial. Pemanfaatan medsos untuk mempublikasikan wayang ini merupakan rangkaian program riset keilmuan bertajuk “Butuh-Gaul” yang diketuai oleh Jaka Rianto.

Workshop syuting perajin wayang dengan smartphone.

Ranang AS selaku dosen pembimbing mengatakan meskipun hanya menggunakan smartphone, tetapi mereka diharapkan dapat menghasilkan konten kreatif yang menarik. Sehingga, konten kreatif tentang Desa Wayang akan menghiasi medsos baik Instagram maupun Youtube. 

"Itupun, hasil kreasi dari pemuda-pemudi setempat pemilik industri kecil kerajinan wayang. Selain itu, mereka juga dikenalkan cara menjual produk kerajinan wayang secara online di marketplace seperti Facebook, Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak," ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: Organisasi Siswa SMA Negeri 1 Pracimantoro Berbagi Takjil





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top