Prodi PBSI FKIP Univet Bantara Gelar Workshop Penyusunan Bookchapter dan Poster

Print Friendly and PDF

 

Pemateri Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S, M.Hum saat membimbing penggunaan aplikasi mendeley.

Prodi PBSI FKIP Univet Bantara Gelar Workshop Penyusunan Bookchapter dan Poster

Sukoharjo- majalahlarise.com -Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan Workshop Penyusunan Bookchapter dan Poster. Bertempat di ruang seminar Gedung H lantai 3. Selasa (11/1/2022).

Workshop yang mengangkat tema Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Sosiety 5.0 ini menghadirkan Singgih Subiyantoro, S.Pd, M.Pd (Dekan FKIP Univet Bantara), Dra. Titik Sudiatmi, M.Pd (Ka Prodi PBSI), Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S, M.Hum (Pemateri 1), Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd (Pemateri 2), Dr. Benedictus Sudiyana, M.Pd (Pemateri 3), dan dimoderatori oleh Drs. Sukarno, M.Hum.

Dr. Dewi Kusumaningsih, S.S, M.Hum saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan adanya workshop ini dilatarbelakangi program studi PBSI secara rutin setiap tahun mengadakan KKL (Kuliah Kerja Lapangan) yang format KKL sejak 3 tahun lalu dalam bentuk kerjasama seminar bersama di lokasi Perguruan Tinggi yang dikunjungi.

Pemateri Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd saat menyampaikan materi bookchapter.

"Rencana kita akan mengadakan kunjungan ke Universitas Tidar mengadakan seminar bersama tanggal 23 Februari 2022. Mahasiswa tidak boleh hanya datang melihat sebagai peserta tetapi mereka menjadi pemateri dan harus menulis artikel," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, hasil artikel mahasiswa tersebut akan menjadi bookchapter dari masing-masing artikel yang dikombinasikan dengan Universitas Tidar yang merupakan bentuk kerjasama yang nyata. Publikasinya bersama dosen pembimbing wajib menulis artikel dan para mahasiswa sehingga banyak karya publikasi di PBSI semakin meningkat banyak.

"Ada luaran berupa poster adalah suatu bentuk presentasi yang dipadatkan dari artikel yang telah ditulis. Nanti poster ini akan dilombakan di tingkat mereka dan ada insentif serta yang menjadi terbaik akan didaftarkan ke HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Dari mahasiswa satu kelas ini akan muncul HKI yang akan mendongkrak publikasi di PBSI," terangnya.



Disampaikan pula, pada workshop hari ini mahasiswa dibimbing membuat template Bookchapter, memperkenalkan Bookchapter oleh Dr. Muhlis Fajar Wicaksana, M.Pd.

"Saya memantik untuk bisa memancing mahasiswa membuat judul-judul artikel yang menarik menggunakan Mendeley. Kemudian kita optimalisasikan penggunaan Mendeley untuk mengedraf artikel dan mencari referensi yang akhirnya bisa menuntun mereka mencari judul-judul yang berbeda. Sedangkan materi poster disampaikan oleh Dr. Benedictus Sudiyana, M.Pd," ujar Dr. Dewi Kusumaningsih.

Sementara itu, Dekan FKIP Univet Bantara Singgih Subiyantoro, S.Pd, M.Pd menyampaikan apresiasi kepada program studi PBSI yang telah menginisiasi membuat ide kreatif pelaksanaan KKL pada masa pandemi bisa berjalan dan menghasilkan luaran yang bermanfaat bagi mahasiswa, dosen, pembimbing, program studi dan universitas dalam hal ini pemeringkatan perguruan tinggi maupun akreditasi.

"Kami sangat berharap luaran dari workshop ini baik bookchapter maupun poster dapat ditindaklanjuti menjadi hak kekayaan intelektual (HKI) atau hak cipta baik didanai oleh pribadi mahasiswa maupun didukung program studi melalui insentif pendaftaran hak cipta atau bisa melalui Fakultas melalui skema pendanaan insentif pendaftaran hak cipta. Harapannya peningkatan jumlah hak cipta ini mampu mendongkrak akreditasi program studi maupun universitas," ungkapnya.

Disampaikan pula, kegiatan workshop yang menghasilkan luaran sangat bermanfaat bagi mahasiswa khususnya di dalam SKKM (Surat Keterangan Keaktifan Mahasiswa) dengan point tertentu.

"Ketika nanti mahasiswa lulus akan mendapatkan ijazah juga mendapatkan sertifikat SKKM. Harapannya ketika melamar pekerjaan, SKKM ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk merekrut calon tenaga kerja," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: DPR RI Singgih Januratmoko Sosialisasikan Peran CSR BUMN Pulihkan Ekonomi Nasional


1 komentar:

  1. Alhamdulillah..semoga kegiatan akademik yg baik ini menjadi karakter akademik berkelanjutan di Univet. Aamiin.

    BalasHapus


Top