Mahasiswa KKNT Unisri Pendampingan Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19

Print Friendly and PDF

Asworo Febriyanto melakukan kegiatan pendampingan belajar siswa secara daring.

Mahasiswa KKNT Unisri Pendampingan Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19

Sragen- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN-T Unisri 2021 dengan tajuk ”MBKM Wujudkan Desa Bangkit”, Asworo Febriyanto melakukan kegiatan meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19  dan pendampingan belajar siswa secara daring yang dilaksanakan di Desa Popongan RT.19/RW.06, Klandungan, Ngrampal, Sragen. Sabtu, 21 Agustus 2021.

Asworo Febriyanto dalam keterangan tertulis menyampaikan letak wilayah desa Popongan cukup jauh dari perkotaan. Mayoritas masyarakat  bekerja sebagai petani dan pedagang di pasar. Kondisi wilayahnya pedesaan dan sangat sulit untuk jangkauan internet. Covid-19 saat ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap seluruh kegiatan sehari-hari, dan dampak terbesar dari pandemi ini salah satunya dalam bidang pendidikan.

"Aktivitas pembelajaran yang sebelumnya offline kemudian menjadi online membuat anak kesulitan karena belum adanya persiapan. Oleh karena itu melalui kegiatan KKNT ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi anak pada masa pandemi Covid -19," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pembelajaran Daring dan Pendampingan Pembelajaran Anak bertujuan untuk membantu anak dan orang tua nya yang kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran secara daring dan mengenalkan aplikasi pembelajaran daring. 

"Anak-anak diperkenalkan pada aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran daring yaitu via whatsapp grup dan zoom meeting dan anak juga diajarkan cara menggunakan aplikasi tersebut. Mengingat orang tua kesulitan dalam melakukan pendampingan belajar kepada anaknya, melalui kegiatan KKNT ini juga melakukan pendampingan pembelajaran anak untuk mengajarkan anak dalam menyelesaikan tugas dari guru nya di sekolah serta memberikan pengajaran seperti membaca dan menulis," paparnya.

Dikatakan pula, kegiatan ini disambut  positif oleh masyarakat setempat khususnya orang tua dari anak yang kesulitan dalam melakukan pendampingan belajar kepada anak. Masyarakat di desa Popongan sangat senang atas program yang sudah dijalankan ini.

Selain itu, dirinya mengadakan kegiatan meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19 di Desa Popongan Rt.19/16 Kladungan Ngrampal Sragen dalam menanggulangi pandemi Covid-19. Untuk kegiatanya yaitu memasang poster 3M di beberapa pos kampling , membagikan ember cuci, dan membagikan masker ke warga sekitar desa Popongan Ngrampal.

"Tujuan agar warga tetap melakukan prokes yang telah dibuat pemerintah. Peran serta masyarakat dalam penanggulangan sangat diperlukan untuk mencegah pandemi Covid-19. Dengan bantuan dari masyarakat diharapkan penyebaran dapat dicegah dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 seperti yang telah dibuat oleh pemerintah," jelasnya. (Sofyan)


Baca juga: Tetap Produktif dengan Bisnis Rumahan "Keju Aroma" Menggunakan Media Sosial





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top