Tetap Produktif dengan Bisnis Rumahan "Keju Aroma" Menggunakan Media Sosial

Print Friendly and PDF

 

Aszhari Aprilia Martianingrum saat foto bersama peserta pelatihan bisnis rumahan “Keju Aroma” dengan menggunakan media sosial.

Tetap Produktif dengan Bisnis Rumahan "Keju Aroma" Menggunakan Media Sosial

Sukoharjo- majalahlarise.com -Di masa pandemi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) mengadakan KKN Tematik yang mengangkat tema “Merdeka Belajar Wujudkan Desa Bangkit”. Dengan diadakannya KKN Tematik tersebut, mahasiswa KKNT UNISRI program studi Manajemen, Aszhari Aprilia Martianingrum dengan DPL Agatha Jumiati, SH., MH menjalankan program kerja “Pelatihan bisnis rumahan “Keju Aroma” dengan menggunakan media sosial” yang dilaksanakan di Desa Sapen, Kecamatan Mojolaban. Jum’at 20 Agustus 2021.

Bisnis rumahan dengan memanfaatkan media sosial menjadi solusi di masa pandemi seperti saat ini, dimana masyarakat yang terkena pemutusan kerja atau pelaku usaha yang harus menderita kerugian bahkan sampai bangkrut akibat pandemi covid-19  yang berlangsung sejak tahun 2019.

Program kerja ini bertujuan untuk menginspirasi dan membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang sempat anjlok. Pelatihan dilaksanakan dengan menyetak tulisan cara pembuatan keju aroma, dan dijelaskan secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Keju aroma tidak membutuhkan modal terlalu banyak sehingga tidak membebani masyarakat yang akan memulai usaha ini. Kemudian dipasarkan melalui media sosial seperti market place / instagram, yang mana lebih aman untuk transaksi karena minim tatap muka dengan pelanggan.

“Dengan adanya pelatihan ini, semoga mampu menopang hidup masyarakat dan juga mengurangi angka kejahatan di masa pandemi. Selain itu, diharapkan masyarakat mampu semangat kembali agar perekonomian segera pulih seperti semula dan bisnis rumahan ini dapat berjalan walaupun pandemi ini berakhir," harap Aszhari.

Menurut salah satu peserta pelatihan, Bu Yanti mengatakan penggunaan sosial media untuk pemasaran juga ide yang sangat bagus karena tidak hanya lingkungan kita saja yang tahu, melainkan lingkungan yang lebih luas. (Sofyan)


Baca juga: Penyuluhan dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Buku Kas kepada UMKM 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top