Riset Grup Linguistik Sastra Daerah UNS Gelar Lanjutan Pelatihan Pidato Bahasa Jawa

Print Friendly and PDF

Program Studi Sastra Daerah FIB UNS kembali menggelar pelatihan pidato bahasa Jawa bekerja sama dengan Paroki St. Paulus Kleca Surakarta secara daring.

Riset Grup  Linguistik Sastra Daerah UNS Gelar Lanjutan Pelatihan Pidato Bahasa Jawa

Solo- majalahlarise.com -Program Studi Sastra Daerah FIB UNS kembali menggelar pelatihan pidato bahasa Jawa bekerja sama dengan Paroki St. Paulus Kleca Surakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Grup Riset Linguistik Jawa (GRLJ) Prodi Sastra Daerah FIB UNS atas nama LPPM UNS.

Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam 2 kali pertemuan secara daring melalui aplikasi media zoom, dimana kegiatan pertama  diselenggarakan Selasa (6/7/2021) minggu yang lalu, dan kegiatan kedua berlangsung hari Selasa (13/7/2021) menghadirkan narasumber Drs. KRT. Supardjo Hadinegoro, M.Hum. dari prodi Sastra Daerah FIB UNS. Di kegiatan kedua ini, acara lebih menitikberatkan pelatihan secara langsung agar para peserta merasakan serta mampu mengaplikasikan beberapa teori atau materi yang disampaikan pada kegiatan pertama minggu lalu.

Prof. Dr. Sumarlam, M.S. selaku Ketua GRLJ dalam keterangan tertulis menyatakan bahwa peserta pelatihan pidato bahasa Jawa (sesorah basa Jawa) ini selain cukup banyak (lebih dari 130 orang) juga sangat antusias. Terbukti banyaknya respon positif berupa pertanyaan pertanyaan ataupun tanggapan, baik terkait dengan persoalan bahasa, makna kata-kata arkhais, mana kata yang baku dan yang tdk baku, urutan penghormatan kepada hadirin, maupun terkait dengan teknik berpidato yang baik dan menarik.


Baca juga: FEB UNS Adakan Pelatihan dan Pendampingan Go Digital UMKM Produk Makanan Halal

Pada sesi kedua, Selasa (13/07/2021), selama dua jam lebih, difokuskan pada praktik pidato,  diawali dengan beberapa contoh pidato ringkas oleh narsum, Drs. KRT. Supardjo Hadinagoro, M.Hum., lalu dilanjutkan praktik pidato oleh para peserta pelatihan. Menurut Dr. FX Sawardi, M.Hum saat diwawancarai mengatakan “Topik pidato yg banyak dipraktikkan oleh para peserta, di antaranya adalah 1) Atur pambuka kagem miwiti donga menapa Ekaristi Memule Ingkang Sampun Sumare oleh salah satu dari Ketua Lingkungan  Wilayah, 2) Pandonga kagem Temanten Rikala wonten adicara  pahargyan oleh Prodiakon, 3) Atur pandonga pambuka kagem ibadat Memule Ingkang Sampun Sumare oleh Prodiakon,4) Atur panuwun pinangka sulih sarira keluarga ingkang nembe nandhang duhkita oleh Prodiakon, Ketua Lingkungan/ Wilayah, dan wakil dari Umat” Demikian yang diungkapkan oleh Dr. F.X. Sawardi, M.Hum. selaku moderator dan sekaligus sebagai penghubung antara pihak UNS dan Paroki St. Paulus Kleca Surakarta. 

Dengan pelaksanaan dua sesi ini diharapkan peserta bisa mempraktekkan serta meningkatkan kemampuannya dalam bentuk sesorah boso jowo (pidato bahasa jawa). (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top