PTM Penting, Keselamatan dan Kesehatan Jauh Lebih Penting

Print Friendly and PDF

Pembiasaan cuci tangan dengan sabun sebagai antisipasi penyebaran Covid-19.

PTM Penting, Keselamatan dan Kesehatan Jauh Lebih Penting

Solo- majalahlarise.com -Menyongsong tahun ajaran baru 2021/2022, Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta terus melakukan berbagai persiapan. 

Prioritas utama adalah penyiapan sarana dan prasarana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru mendatang.

Seperti diungkapkan Andi Arfianto, selaku ketua gugus tugas, bahwa fokus tugas saat ini meliputi empat aspek, yaitu melengkapi sarana penunjang protokol kesehatan, melengkapi surat pernyataan kesanggupan mengikuti PTM dari orang tua dan guru, menyiapkan checklist kondisi kesehatan siswa dan keluarga, serta koordinasi aktif dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Solo.


Baca juga: Penjahit di Sumberlawang Diajari Bikin Kria dari Perca

"Terkait surat pernyataan kesediaan mengikuti PTM terbatas, sudah diisi oleh orang tua siswa bersamaan dengan penerimaan laporan hasil belajar beberapa waktu yang lalu, hasil rekapitulasi menunjukkan 90% orang tua mengizinkan anaknya untuk mengikuti PTM terbatas," ungkapnya.

Ia juga memberi catatan bahwa surat pernyataan tersebut merupakan syarat administratif jika nantinya PTM terbatas benar-benar dilaksanakan di tahun ajaran baru. Untuk itu, sekolah selalu mencermati perkembangan situasi dan mengikuti kebijakan dari Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

"Prinsipnya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) itu penting, tetapi keselamatan dan kesehatan peserta didik jauh lebih penting," tegasnya.

Sementara itu, untuk mendukung optimalisasi kinerja gugus tugas, komando teknis di lapangan dijalankan oleh tim Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). 


Baca juga: FGD Riset Kolaborasi Unisri Bahas Batik Sragen dan Kudus

Menurut Muhammad Kusno, selaku koordinator UKS SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, fungsi dan tugas utama UKS adalah untuk pembinaan sarana keteladanan kesehatan di lingkungan sekolah. 

Oleh karena itu, di masa pandemi seperti ini tugas UKS dititikberatkan pada promosi kesehatan terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

"Selain memastikan lingkungan sekolah dalam kondisi aman dan sehat, kami selalu berkoordinasi dengan UPT Puskesmas Purwosari terkait persiapan teknis untuk menyongsong pembelajaran tatap muka terbatas di tahun ajaran baru," pungkasnya. (Sofyan)


Baca juga: SDN 1 Manyaran Gelar "Panen Karya Siswa" Masa Pandemi Covid-19


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top