SDN 1 Manyaran Gelar "Panen Karya Siswa" Masa Pandemi Covid-19

Print Friendly and PDF

Korwil Dikdikbud kecamatan Manyaran saa foto bersama dengan Kepala dan Guru SDN 1 Manyaran.

SDN 1 Manyaran Gelar "Panen Karya Siswa" Masa Pandemi Covid-19

Wonogiri- majalahlarise.com -SD Negeri 1 Manyaran menggelar "Panen Karya Siswa". Rabu, (23-26/6/2021) pukul 08.00 sampai 14.00 WIB dengan metode Virtual dan Media Zoom meeting, Youtube, facebook, WAG, Telegram. 

Peserta dari guru dan siswa Kelas I sampai VI dan terbagi atas 7 stand terdiri dari Stand Kelas I, II, III, IV, V, VI serta stand Pendidikan Agama dan Penjasorkes. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melalui zoom meeting dan live streaming youtube. 

Kepala SDN 1 Manyaran, Asih Subekti, S.Pd, M.Pd dalam keterangan terlulis menyampaikan kegiatan bertajuk "Panen Karya Siswa" ini dalam rangka mengapresiasi kinerja guru SD Negeri 1 Manyaran yang telah melayani siswa dengan berbagai cara agar PJJ bisa dilaksanakan secara maksimal, mengapresiasi karya siswa, mengapresiasi peran  walaupun dalam situasi kejenuhan tetapi masih mau mengikuti PJJ dan arahan dari guru untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Serta mengapresiasi orang tua, bahwa merekalah guru terbaik di rumah selama PJJ. 

Lebih lanjut dikatakan, melalui kegiatan ini diharapkan bermanfaat untuk memotivasi guru meningkatkan kreativitasnya dalam  mendampingi siswa pada situasi apapun baik pembelajaran langsung di kelas maupun pembelajaran dengan pola PJJ, meningkatkan kompetensi guru dalam melayani siswa melalui pembelajaran diferensiasi dan sosial emosional untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila guna mencapai ‘Merdeka Belajar’ serta mengembangkan kreativitas siswa agar mau dan mampu mengikuti perkembangan yang berbasis digital ini. Meningkatkan kolaborasi dengan orang tua demi putra-putrinya.


Baca juga: SMPN 8 Surakarta Siapkan Dua Perangkat Pembelajaran Kombinasi Pada Tahun Ajaran Baru

"Semoga kegiatan ini akan menambah semangat bagi guru SD Negeri 1 Manyaran untuk terus bergerak dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi dengan pembelajaran yang berpihak pada murid guna mewujudkan Profil pelajar Pancasila," harapnya.

Disampaikan pula bahwa, kegiatan ini berdasarkan pelaksanaan Surat Edaran Mendikbud No. 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dan SE Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, membuat SD Negeri 1 Manyaran harus melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Berbagai dampak positif dan negatif dari kegiatan PJJ tentu akan timbul.

Dampak negatif tersebut diantaranya adanya kejenuhan siswa mengikuti pembelajaran daring, siswa rindu akan masuk kembali ke sekolah, kejenuhan orang tua akan situasi dan kondisi, serta kurang mampunya (waktu, tenaga, pikiran maupun biaya) untuk mendampingi siswa belajar secara daring serta banyak anggapan yang berkembang di masyarakat bahwa masa PJJ membuat guru tidak mengajar, cukup melakukan presensi, memberi tugas, dan pulang tetapi menerima gaji dari pemerintah. (Sofyan)


Baca juga: Sediakan Kafe Literasi untuk Program Gemar Membaca


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top