Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Dilatih Pengunaan Publish or Perish dan Mendeley

Print Friendly and PDF

Mahasiswa saat dilatih penggunaan aplikasi publish or perish dan mendeley.

 

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Dilatih Pengunaan Publish or Perish dan Mendeley

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo dilatih cara penggunaan aplikasi Publish or Perish dan Mendeley untuk mempermudah dalam pengerjaan karya tulis ilmiah maupun skripsi.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dosen prodi Ilmu Komunikasi sekaligus Dekan FISIP Univet Bantara, Drs. Joko Suryono, M.Si diselenggarakan selama dua hari. Senin-Selasa (21-22/6/2021) secara workshop daring dan luring.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara, Purwani Indri Astuti, S.S., M.Hum saat dikonfirmasi menyampaikan workshop ini bertujuan untuk membekali mahasiswa semester enam dalam mencari dan menuliskan referensi secara otomatis melalui aplikasi Mendeley dan Publish or Perish.


Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Susun Modul Pembelajaran Mandiri

"Peserta dari kelas 6A dan 6B. Hari pertama diselenggarakan secara daring untuk pengantar dan segala teori terkait Mendeley dan Publish or Perish. Hari ke dua merupakan pendampingan dari teori yang disampaikan hari pertama. Diikuti 10 mahasiswa dari perwakilan kelas masing-masing lima mahasiswa," terangnya.

Lebih lanjut, wanita yang mengampu mata kuliah kualitatif riset ini berharap melalui workshop ini secara perlahan-lahan namun pasti  mengubah paradigma. Mau tidak mau harus menyadari bahwa penulisan skripsi dan karya tulis atau artikel ilmiah sudah berbeda dari beberapa tahun dekade sebelumnya.

"Mau tidak mau kita mengikuti perubahan itu. Maka harus membekali mahasiswa kami untuk bisa mengikuti perubahan tersebut. Sehingga mahasiswa bisa mempraktikkan dan mengaplikasikan penggunaan Mendeley dan Publish or Perish pada saat mereka nanti harus menulis skripsi," katanya.


Baca juga: LKP Matematika Indonesia Gelar Kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru di Kabupaten Wonosobo

Disampaikan pula, pada semester enam ada tiga mata kuliah penelitian yaitu kualitatif riset, kuantitatif riset, dan class room action riset yang menjadi pijakan atau dasar berpikir menyelenggarakan workshop ini.

Sementara itu, narasumber Drs. Joko Suryono, M.Si menyampaikan penggunaan Publish or Perish untuk memperoleh artikel dalam topik yang sama dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat. Sedangkan penggunaan otomatisasi Mendeley untuk mensitasi secara otomatis membuat daftar pustaka dan perpustakaan pribadi secara digital.

"Dalam waktu singkat kita bisa memperoleh artikel. Misalnya masuk di pengindeks scopus ketik kata slung akan muncul sekitar 200 artikel yang terindeks 200 artikel," paparnya. (Sofyan)


Baca juga: Dies Natalis ke-41 Unisri, Siap Mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top