LKP Matematika Indonesia Gelar Kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru di Kabupaten Wonosobo

Print Friendly and PDF

Penyerahan cinderamata Setiawan, S.M., M.Si. (Master Setiawan) kepada Bupati Wonosobo H. Afif Nurhidayat, S.Ag.

LKP Matematika Indonesia Gelar Kegiatan Pengembangan Kompetensi Guru di Kabupaten Wonosobo

Wonosobo- majalahlarise.com -Dalam rangka peningkatan dan penguatan kompetensi khususnya mata pelajaran matematika, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Matematika Indonesia menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia bagi Kepala Sekolah, Kepala Madrasah dan guru di Kabupaten Wonosobo. Kegiatan tersebut bekerjasaama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Wonosobo serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo. 

Kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia dibuka secara langsung oleh H. Afif Nurhidayat, S.Ag. selaku Bupati Wonosobo dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Wonosobo serta tamu undangan lainnya bertempat di Hotel Dafam Wonosobo pada Jumat (18/6/2021). Narasumber Utama kegiatan tersebut adalah Setiawan, S,M., M.Si. (Master Setiawan). Selama acara berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Dalam sambutannya Bupati Wonosobo mengatakan bahwa kita bersyukur sekali di Kabupaten Wonosobo mendapatkan kesempatan untuk bisa melaksanakan kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia dan berharap kegiatan ini dapat menambah kompetensi guru sehingga diharapkan lebih jauh lagi mutu pendidikan akan meningkat.

Bupati Wonosobo H. Afif Nurhidayat, S.Ag membuka Seminar Matematika Nasional Indonesia.

Baca juga: Persiapan Tahun Ajaran Baru, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Rapat Koordinasi dengan Pengurus Komite

"Kompetensi ini harus kita tingatkan, kualitas guru harus ditingkatkan agar tercipta kader-kader potensial kedepan yang lebih baik. Kita dihadapkan pada satu generasi yang hari ini penuh dengan tantangan. Kita menghadapi satu generasi yang memang kita dihadapkan situasi era digitalisasi yang semua penuh dengan arus global. Sehingga guru harus dibekali dengan kompetensi yang lebih, guru harus beradaptasi dengan teknologi," ungkapnya.

Bupati berharap selesai kegitan seminar ilmunya bisa diimplementasikan dalam tataran kehidupan kita di Sekolahnya masing-masing yang pada ujungnya bisa memberikan nilai manfaat untuk anak-anak kita. 

H. Afif Nurhidayat, S.Ag. selaku Bupati Wonosobo menambahkan ”Saya  berbangga hati tentunya hari ini kita dapat serapan ilmu bagi kami Institusi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, para guru-guru berkaitan dengan cara berhitung yang cepat. Tentu itu pola pembelajaran yang sangat menarik karena tadi saya mengikuti secara langsung. Selama ini matematika sebagai “momok” bagi anak didik kita, tapi hari ini kita penuh semangat belajar matematika dengan senyum dan smart. 


Baca juga: Dies Natalis ke-41 Unisri, Siap Mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

"Kehadiran Master Setiawan ini luar biasa di Wonosobo yang memberikan ilmu baru, memberikan spirit baru bagi para guru-guru kita yang endingnya nanti adalah ke anak-anak kita. Kalau sudah gurunya smart bisa mengajarkan matematika dengan senyum, dengan riang gembira, dengan happy nanti anak-anaknya juga sama menerima pelajaran juga riang gembira, dengan happy tanpa terasa pelajarannya masuk. Ini luar biasa sekali, bravo untuk sahabat kita Master Setiawan," terangnya.

Peserta Seminar Nasional Matematika Indonesia diikuti oleh Kepala Sekolah, Kepala Madrasah, guru dari jajaran Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Wonosobo jenjang KB, TK, SD, SMP dan jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo jenjang RA, MI, MTs, MA. 

Setiawan, S.M., M.Si. (Master Setiawan) mengatakan matematika selama ini telah menjadi mata pelajaran yang menakutkan dan ditakuti siswa. Banyak siswa kesulitan ketika mengerjakan soal-soal matematika serta nilai Ujian di Sekolah  yang kurang memuaskan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada peningkatan dan penguatan kompetensi mata pelajaran matematika bagi Kepala Sekolah, Kepala Madrasah dan Guru di Kabupaten Wonosobo.

Ia menambahkan Seminar Nasional Matematika Indonesia akan dapat memberikan metode pembelajaran matematika dengan cara baru, cepat, mudah, asyik, menyenangkan serta memberikan wawasan baru mengenai metode belajar matematika.


Baca juga: HMP SUED Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Univet Bantara Gelar Webinar "Be Creative Students In Writing Thesis Without Plagiarism"

Peserta tampak antusias mengikut kegiatan Seminar Nasional Matematika Indonesia karena Master Setiawan memberikan materi yang menarik, serta  diselingi lagu-lagu matematika maupun doorprize. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian testimoni dari peserta baik secara lisan maupun tertulis.

Zevi Candida Revoluta, S.Hum. guru MAN 1 Wonosobo sebagai peserta Seminar Nasional Matematika Indonesia mengatakan Seminar ini diisi oleh pemateri yang kompeten yaitu Master Setiawan, acara hari ini menyenangkan dan ilmu yang diberikan pun sangat bermanfaat bagi kami para guru karena Master Setiawan mengajarkan teknik-teknik berhitung yang terbilang baru bagi kami dan itu penting sekali untuk kemampuan numerical yang bisa kami ajarkan kepada siswa/siswi di sekolah untuk kepentingan belajar maupun olimpiade sains.

Sri Wahyuning Pristiwati, S.Pd.SD. guru SDN 1 Deroduwur Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo  sebagai peserta seminar mengatakan seminar ini betul-betul luar biasa, Master Setiawan berhasil mengubah mindset bahwa matematika yang tadinya adalah momok yang menakutkan ternyata matematika itu menyenangkan. 

"Trik-trik yang didapatkan hari ini akan diteruskan kepada anak didiknya.  Ia berharap tahun depan bisa berjumpa kembali dengan Master Setiawan untuk mendapatkan trik-trik dan ilmu-ilmu baru," katanya.

Della Septiandina, S.Pd. guru SDN 1 Kali Bening Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo sebagai peserta seminar menyampaikan hari ini saya merasa puas sekali bersama Master Setiawan karena dapat menemukan hal-hal baru/trik-trik/cara-cara berhitung matematika.

Materi bermanfaat untuk lebih membuat siswa menjadi senang dan semangat belajar matematika, tulis Sri Wahjuni, S.Pd., M.M.Pd. guru SMPN 1 Wonosobo pada lembar testimoni.

Acara on time, terstruktur, asyik, menyenangkan. Ilmu yang bermanfaat dan cara penyampaian materi yang bisa membius audience untuk mengikuti dengan baik. Semoga ke depan bisa mengikuti acara seperti ini lagi. Tulis testimoni Akhirini Agustin Rahayu, S.Pd. guru SDN Kalipuru Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. (Sofyan)


Baca juga: Kepala SD Muhammadiyah PK Kottabarat Menjadi Narasumber Dialog Interaktif TVMU


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top