UNS Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III

Print Friendly and PDF

Acara penandatanganan kerjasama UNS-Pelindo III dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

UNS Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III

Solo- majalahlarise.com -Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menandatangani nota kesepahaman dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. Penandatanganan meliputi tiga bidang yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan dokumen kerja sama PT Pelindo III diwakili oleh Edi Priyanto selaku Direktur SDM Pelindo III dan Prof Sajidan, Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS. Acara penandatanganan kerja sama dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (11/1/2021).

Edi Priyanto menuturkan kerja sama yang dijalin Pelindo III dengan UNS meliputi tiga bidang, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Pertama, pada bidang pendidikan nantinya berkaitan dengan proses pembelajaran, praktik lapangan, perkuliahan dan praktikum. Lalu pada bidang penelitian nanti bisa dengan proses pengambilan data dan sebagainya yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen yang hasilnya dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Kemudian, pada bidang pengabdian masyarakat mencakup Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Coorporate Social Responsibility (CSR),” jelas Edi.


Baca juga: Western Premier Solo Baru Hadirkan Restaurant Italia dengan Konsep Autentic 

Adanya program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yakni kampus merdeka, merdeka belajar dapat mengeratkan kerja sama antara perguruan tinggi dengan dunia industri. Edi berharap akan ada link and match antara dunia pendidikan dan industri melalui kerja sama ini.

“Melalui kerja sama ini, diharapkan mampu mengembangkan aktivitas kelembagaan perusahaan dan mutu pendidikan serta mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Nanti harus banyak berdiskusi supaya gap antara dunia pendidikan dan dunia kerja bisa dikurangi, outputnya mahasiswa yang benar-benar siap bekerja dan memasuki dunia kerja,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof Sadjidan, mengatakan bahwa melalui status UNS yang sudah berbadan hukum, dapat memberikan keluwesan dalam otonomi baik dalam bisnis akademik maupun non akademik.

“Kerja sama dengan PT Pelindo III menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kampus merdeka, merdeka belajar. Dalam Keputusan Rektor, kegiatan kampus merdeka, merdeka belajar dan lembaga sertifikasi profesi menjadi hal yang kami utamakan sehingga akhirnya semua Prodi dapat terakreditasi internasional,” jelasnya.


Baca juga: Awali Tahun 2021 Solia Zigna Penuh Promo

Sajidan berharap setelah penandatanganan kerja sama ini dapat dilanjutkan dengan kerja sama lain baik dengan fakultas, sekolah vokasi dan pascasarjana UNS.

“Semoga bisa lebih implementatif baik dengan Dekan Sekolah Vokasi, dekan fakultas atau mungkin dari Pelindo ada yang ingin mengambil S-2. Kemudian bisa juga misal ingin melakukan  nanti bisa dilanjutkan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS. Sehingga nanti bisa lebih erat lagi," terangnya.

Hadir di acara itu, selain Edi Priyanto dan Prof Sadjidan juga hadir  Prof Ahmad Yunus, Wakil Rektor Bidang Umum dan SDM UNS, Dr Bandi dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof Kuncoro Diharjo. (Yulian)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top