Pemuda Baleharjo Ikuti Safety Riding Satlantas Polres Wonogiri

Print Friendly and PDF

 

Jajaran Satkorlantas Polres Wonogiri beserta kepala desa Baleharjo dan panitia saat foto bersama.

Pemuda Baleharjo Ikuti Safety Riding Satlantas Polres Wonogiri

Wonogiri- majalahlarise.com -Rintik hujan pagi hari tidak menyurutkan langkah para pemuda Baleharjo, Eromoko untuk berkumpul di balai desa. Selasa (15/12/2020). Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan  menggunakan masker Mereka terlihat antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan Safety Riding yang diselenggarakan oleh Satlantas Polres Wonogiri.

Acara ini dibuka oleh IPTU Darmin, SH, MH selaku Kaur Bin Ops Satlantas Polres Wonogiri. Hadir pula para tamu undangan dari unsur kepala sekolah SD dan guru di wilayah Baleharjo.
Peserta pelatihan kali ini terfokus kepada anggota karang taruna yang mereka merupakan siswa SMP sederajat dan juga SMA sederajat berjumlah 100 orang dengan ditambah  unsur  RT dan RW serta perangkat desa.

IPDA Sutarto selaku Kanit Dikyasa Satlantas Polres Wonogiri menyerahkan doorprize.

Dalam sambutan IPTU Darmin, SH, MH menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan dari Unit Dikyasa Satlantas Polres Wonogiri dalam rangka memberikan edukasi kepada para  masyarakat khususnya anggota karang taruna di desa Baleharjo untuk lebih memahami dan menaati aturan lalu lintas, serta memahami operasional penggunaan sepeda motor yang berkeselamatan.

Kepala Desa Baleharjo, Sulino, S.Pd juga menyampaikan pelatihan safety riding ini sangat diperlukan oleh  anak-anak usia SMP dan SMA. Mereka memang belum usianya untuk mengendarai sepeda motor namun pada kenyataannya keseharian mereka sudah mengendarai sepeda motor sehingga mereka wajib paham dan mengerti tentang bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar serta tidak membahayakan dirinya sendiri maupun orang disekitarnya. 


Baca juga: Kemasindo FIB UNS Laksanakan Darmabakti ke Panti Asuhan

Materi Safety Riding ini diawali dengan pemberian materi etika berkendara dan juga tentang pemahaman protokol kesehatan di era pandemi .

IPDA Sutarto selaku Kanit Dikyasa Satlantas Polres Wonogiri menjelaskan betapa pentingnya kesadaran untuk menaati protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari sebagai langkah upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Dalam materinya, IPDA Sutarto juga menyampaikan tentang pemahaman rambu-rambu lalu lintas serta teknik bagaimana berkendara  yang baik dan benar, selain secara teori kegiatan pelatihan safety riding ini juga menghadirkan narasumber yang memberikan  peraga praktek dalam mengendarai sepeda motor yang benar serta teknik dan trik mengendarai kendaraan yang aman seperti dalam slogan kegiatan mereka yaitu for road safety Zero accident.

Praktek mengendarai motor disampaikan oleh Kotek Sutrisno dan Brigadir Fajar Wahyuning Kuncoro, SH yang mengedepankan mengendarai motor yang ber keamanan dan keselamatan sesuai slogan Satlantas yaitu stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan.


Baca juga: Dampak Pandemi Covid-19, Jualan Batagor Jadi Cilok Kuah

Selain kegiatan Safety Riding pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan sertifikat pelatihan bagi siswa LKP I-ON yang telah menempuh pelatihan mengemudi selama 200 jam yang merupakan  program LKP I-ON bekerjasama dengan kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Para peserta pelatihan ini di akhir kegiatan harus melalui uji kompetensi yang diselenggarakan oleh LSK MKB (lembaga sertifikasi  kompetensi mengendarai kendaraan bermotor) yang ada dibawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Manager operational LKP I-ON, Wiratmo berharap semoga para peserta didik pelatihan mengemudi ini mampu bersaing di dunia kerja, dan mempunyai nilai tambah dengan adanya keterampilan mengemudi yang mereka miliki. Serta dapat menjadi duta keselamatan berlalu lintas.

Kegiatan Safety Riding ini ditutup dengan pembagian doorprize kepada para peserta berupa helm jas hujan serta sarung tangan sebagai APD saat berkendara. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa UNS Surakarta Borong Dua Prestasi Internasional


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top