KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BONANG

Print Friendly and PDF

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE TERHADAP KETERAMPILAN MENYAJIKAN GAGASAN DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 BONANG

Oleh : Wahidatul Ulya, S.Pd.

SMP Negeri 3 Bonang, Demak Jawa Tengah

Wahidatul Ulya, S.Pd.


       Bahasa merupakan sarana berpikir pertama dan mungkin yang paling utama. Tanpa bahasa, manusia tidak bisa berpikir secara rumit dan abstrak. Tanpa bahasa, manusia tidak dapat mengkomunikasikan pengetahuan kepada orang lain. Bahasa merupakan serangkaian bunyi yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi. Sehubungan dengan penggunaan bahasa, terdapat, empat keterampilan dasar berbahasa salah satunya yaitu keterampilan menulis yang merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis dalam tujuan, misalnya memberitahu, menyimak, atau menghibur.

       Pembelajaran yang menggunakan keterampilan menulis pada tingkat Sekolah Menegah Pertama kelas VII adalah teks deskripsi. Menyangkut pembelajaran teks deskripsi, salah satu kendala yang dialami oleh guru di lapangan adalah masih kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi, sehingga guru perlu menyampaikan materi dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat kepada siswa. 

       Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menyajikan gagasan dalam bentuk teks deskripsi, khususnya di kelas VII yaitu menggunakan model pembelajaran concept sentence. Model pembelajaran concept sentence lebih mengarah pada pembelajaran bahasa, khususnya pembelajaran tata kalimat dengan menggunakan kata-kata kunci.

       Dalam melaksanakan model concept sentence terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan, meliputi: Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, Guru menyajikan materi terkait dengan pembelajaran secukupnya, Guru membentuk kelompok yang anggotanya kurang lebih 4 orang secara heterogen, Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai dengan materi yang disajikan, Setiap kelompok diminta untuk membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat, Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh guru. Siswa dibantu oleh guru memberikan kesimpulan.

       Terdapat beberapa kelebihan pembelajaran concept sentence, antara lain: Pertama, Meningkatkan semangat belajar siswa. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan semangat belajar siswa meningkat. Dengan metode baru siswa menjadi lebih bersemangat, karena kebanyakan siswa menyukai dan tertarik dengan hal-hal baru.

       Kedua, membantu terciptanya suasana belajar yang kodusif. Dengan metode pembelajaran concept sentence kondisi kelas menjadi terkendali dan suasana belajar pun menjadi kondusif. Suasana belajar yang kondusif akan membuat penyerapan materi pembelajaran menjadi baik. Hal ini tentu saja meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

      Ketiga, memunculkan kegembiraan dalam belajar. Metode pembelajaran concept sentence menimbulkan suasana yang gembira dan menyenangkan dalam belajar. Pada metode ini pembelajaran dikemas seperti sebuah permainan kuis sehingga siswa menjadi lebih senang dan bergembira.

       Keempat, Mendorong dan mengembangkan proses berpikir kreatif. Metode pembelajaran concept sentence ini dapat mendorong dan mengembangkan proses berpikir kritis dan kreatif. Siswa dituntut untuk berpikir bagaimana menciptakan hal-hal baru yang menarik dan hebat. Dengan demikian, siswa menjadi termotivasi untuk berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Hal itu tentu saja berdampak positif pada hasil pembelajaran. Dengan motivasi tersebut siswa menjadi meningkat hasil pembelajarannya karena mereka cenderung aktif.




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top