Gelar Karya P5 SDN Kedungsono 03 Bulu Bertajuk Market Day

Print Friendly and PDF

Suasana kegiatan market day.


Gelar Karya P5 SDN Kedungsono 03 Bulu Bertajuk Market Day

Sukoharjo- majalahlarise.com -SDN Kedungsono 03 Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo gelar karya projek penguatan profil pelajar Pancasila atau yang dikenal P5. Kegiatan tersebut diberi nama market day bertajuk kewirausahaan berupa belajar membuat produk dan menjual produk. Tidak hanya sekedar membuat produk namun nilai kolaborasi yang ingin dicapai yaitu anak-anak berkolaborasi dengan orang tuanya dalam pembuatan produk yang tujuannya untuk menambah keakraban orang tua dan anak. Sabtu 10 Desember 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak sekaligus penguatan karakter siswa. Market day diikuti seluruh siswa dari kelas 1-6 SDN  Kedungsono 03. Siswa kelas 4, 5 dan 6 sebagai penjual dan pembuat produk. Kegiatan ini tidak hanya diikuti SDN Kedungsono 03 saja yang menyasikan, namun market day juga dihadiri SDN Kedungsono 01 dan 02 sebagai pengunjung baik guru maupun siswa.

Kegiatan market day berkolaborasi dengan PGRI Ranting kedungsono yang diketua oleh Suroto, S.Pd. Dalam sambutannya mengatakan sangat pengaspresiasi kegiatan tersebut. Selain itu komite sekolah Mujiyanto juga memberikan sambutan bahwa sangat mendukung penuh semua program sekolah SDN Kedungsono 03.


Baca juga: Kuatkan Profil Sekolah dengan Merdeka Belajar

Kepala SDN Kedungsono 03 Marjuni Aris Diarjo, S.Pd.SD mengucapkan terima kasih kepada ketua PGRI Ranting Kedungsono, komite dan orang tua yang ikut serta dalam kegiatan Market Day dan mendukung acara tersebut.

ketua Pelaksana Market Day Siti Asfiyah, S.Pd dalam laporan menyampaikan bahwa market day diikuti 11 Kelompok penjual yang terdiri dari kelas 4, 5 dan 6. Untuk model penjualan setiap kelompok maksimal Rp.100.000 untuk barang dagangan yang dijual.

"Sebelum pelaksanaan market day anak-anak diwajibkan membuat produk buatan sendiri. Untuk menambah keakraban dengan orang tua, pembuatan produk harus melibatkan orang tua siswa. Pembuatan produk dari pemilihan bahan produk, pengolahan dan pengemasan di video, jadi para siswa tidak hanya mengumpulkan produk saja namun siswa juga mengumpulkan video sebagai bukti pembuatan produk yang akan dijual di market day," ungkapnya.

Acara market day ini berjalan dengan lancar, semua kegiatan tidak terlepas dari kolaborasi antara berbagai pihak yaitu kepala sekolah, komite, siswa, orang tua. Dari kegiatan tersebut sekolah hanya memberikan stand berupa maja dan kursi untuk menempatkan dagangan tiap kelompok.

Tanggapan dan harapan dari salah satu orang tua siswa kelas IV, Mega Nurul Safitri mengaku senang adanya kegiatan ini, anak tidak hanya belajar soal pelajaran namun anak juga belajar membuat sebuah produk atau barang dagangan. Harapannya kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap jeda semester. (Sofyan)


Baca juga: Bekali Mahasiswa Test Kampus Mengajar Batch V, Prodi DKV ISI Surakarta Adakan Bimbingan Internal


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top