Penerima Beasiswa Bank Indonesia Komisariat UNISRI Berhasil Melakukan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing dan Branding

Print Friendly and PDF

Mahasiswa anggota GenBI Solo Komisariat Universitas Slamet Riyadi Surakarta.


Penerima Beasiswa Bank Indonesia Komisariat UNISRI Berhasil Melakukan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing dan Branding

Solo- majalahlarise.com -Komunitas Generasi Baru Indonesia Solo, Komisariat Universitas Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Sabtu (11/6/2022) melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)  bidang kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Sumberbulu, Pendem, Kec. Mojogedang, Kab. Karanganyar.

Kegiatan yang mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Digital Marketing dan Branding Produk Kaos Lukis “Sumbu Store” Desa Wisata Sumberbulu" ini diikuti oleh 6 mahasiswa anggota GenBI Solo Komisariat Universitas Slamet Riyadi Surakarta.  Dengan adanya kegiatan ini diharap Generasi Baru Indonesia mampu memberikan energi positif kepada masyarakat setempat untuk lebih memanfaatkan lagi media digital sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang mereka buat, khususnya adalah produk kaos lukis melalui digital marketing dan juga dapat menumbuhkan pemahaman terhadap anggota GenBI sendiri tentang bagaimana kita membuat dan memasarkan suatu produk.

Terlebih semenjak adanya pandemi Covid-19 ini membuat kita untuk lebih berkreasi lagi dalam memasarkan produk melalui digital marketing. Dilihat dari latar belakang ekonomi masyarakat Desa Wisata Sumberbulu sendriri yang memiliki rata-rata kelas ekonomi menengah ke bawah mengharuskan masyarakat untuk menjalankan UMKM. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat terkait digital marketing dan branding produk khususnya produk kaos lukis “Sumbu Store” menyebabkan kurang maksimalnya strategi pemasaran produk yang dilakukan. 

Baca juga: Univet Bantara Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Asistensi Tata Kelola Sarana Prasarana Perguruan Tinggi Dalam Mendukung Program MBKM Tahun 2022 Angkatan II

Sasaran PKM Pengabdian Masyarakat ini  adalah masyarakat setempat khususnya muda-mudi yang ada di Desa Sumber Bulu yang memproduksi dan memasarkan produk kaos lukis di media sosial.

Tim Pengabdian PKM UNISRI, Akbar Atmojo mengungkapkan kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan melakukan sosialisasi program kerja dirumah masyarakat setempat (dengan menerapkan protokol kesehatan) dan mengajak masyarakat pengelola media sosial “Sumbu Store” untuk berpartisipasi dalam program ini. Kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan materi tentang manfaat digital marketing dalam meningkatkan penjualan serta brand awareness menghasilkan perubahan yang dapat dirasakan dan penyuluhan materi terkait dengan QRIS dan melaksanakan pelatihan tentang bagaimana cara membuat konten video pemasaran yang menarik dan teknik editing dalam mendesain sebuah feed di akun instagram. 

Tim pengabdian juga mengungkapkan bahwa juga memberikan luaran berupa pembuatan konten video pemasaran dan pembuatan stiker untuk mempromosikan produk kaos lukis lukis “Sumbu Sotre” ke masyarakat luas. Tak lupa tim pengabdian juga menjelaskan bagaimana membuat iklan melalui media sosial di instagram atau TikTok agar lebih menarik dan lebih sering muncul di halaman pengguna akun instagram. 

"Dengan begitu, digital marketing diharapkan dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat dan luas. Selain dari pada itu, dengan adanya pelatihan branding inilah maka nama produk mudah diingat oleh masyarakat, brand memiliki kekuatan untuk menarik konsumen," terangnya. (Monica/ Sofyan)


Baca juga: FIB UNS Dipercaya Sebagai Penyelenggara Diklat Teknis Bagi Pejabat Fungsional Penerjemah Seluruh Indonesia


 

   

 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top