Mahasiswa DKV ISI Surakarta Adakan Event Internasional Lewat DKV ACT

Print Friendly and PDF



Mahasiswa DKV ISI Surakarta  Adakan Event Internasional Lewat DKV ACT

Solo- majalahlarise.com -Event di tahun 2021 ini sebagai event ke 7 (tujuh) yang juga bersamaan dengan peringatan 1 dekade (10 tahun ) usia Prodi DKV yang berdiri pada 9 November 2011 merupakan kegiatan apresiasi karya tahunan keluarga besar Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. 

Event utama DKV ACT ini berlokasi di Tirtonadi Convention Hall Lantai 2 Terminal Tirtonadi Banjarsari, Surakarta 57134 yang besuk Jumat, 19 November 2021 yang direncanakan akan dibuka okeh Rektor ISI Surakarta pada jam 15.00 wib, sedangkan acara pendukung berupa pameran, talkshow,  sharing session, artis talk, malam penghargaan, dan hiburan musik pada 19 - 21 November 2021. 

Pameran DKV ACT tahun ini mengangkat tema “Manuver”, dimana perubahan sangat erat hubungannya dengan sebuah aksi yang dipilih, perlu adanya manuver (pergerakan/aksi) sehingga manusia yang terlibat di dalamnya tidak cuma bergerak mengikuti sebuah arus namun perlu adanya strategi untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. Di masa sekarang semua dibatasi dan diawasi oleh aturan, sebuah pergerakan untuk menyelamatkan kehidupan, tentu saja ini mengubah tatanan kehidupan di segala aspek sehingga memunculkan habit (kebiasaan) baru. 

Event mahasiswa yang rutin digelar, tahun ini DKV ACT mulai meningkat penyelenggaraannya dengan pameran di level internasional yang diikuti oleh beberapa peserta dari luar negeri, yaitu Portugal, Inggris, Jerman, Mesir, dan Kamboja. Selain juga peserta dari mahasiswa dari perguruan tinggi se Indonesia dengan menampilkan karya-karya baik desain, ilustrasi, animasi, dan UI/UX design, dimana sekitar 100an peserta meramaikan pameran desain grafis ini.

Selain itu, DKV ACT menjadi wadah bagi desainer dalam menyampaikan pesan yang disampaikan melalui karya-karya dan kegiatan yang dikemas dalam bentuk pameran.

Kegiatan ini diselenggarakan dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dan desainer lainnya yang  ikut berpartisipasi memamerkan karya dalam kegiatan ini. 

Sebelum sampai puncak kegiatan beberapa pre event , yaitu Sleding (Selentingan Dunia Branding) Podcast pada 10 - 27 Oktober 2021 di Gd 5, Jurusan Desain, Kampus Mojosongo yang mengundang narasumber yang berkompeten dari berbagai bidang seperti lettering, freelancer, content creator, branding, illustrator hingga pelaku sosial. 

Sedangkan pra event selanjutnya berupa aksi Restorasi dan Pelestarian Visual pada Becak Berseri yang dilaksanakan pada 7 -8 November 2021 di Rusun Deret, Jl. Saharjo No. 85, Keprabon, Surakarta. Restorasi dan pelestarian visual pada Becak Berseri sebagai contoh kasus nyata, bagaimana aksi/pergerakan yang dapat dilakukan untuk menjaga serta mengangkat eksistensi visual pada becak, bersama komunitas Becak Berseri, para mahasiswa mengulik proses dibalik adanya identitas visual pada becak yang direstorasi bersama Antonius Sri Sunarto, seseorang yang sudah menggeluti dunia melukis becak selama 37 tahun. 

Nindra Aris Setya Budi selaku ketua panitia menjelaskan bahwa event tahun ini sangat berkesan selain bisa menyelenggarakan pameran desain komunikasi visual tingkat internasional dan menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mampu berkreativitas walau masih di masa pandemi. 

Selain itu website yang mewadahi kegiatan apresiasi karya DKVACT#7 dengan beragam konten kegiatan secara daring melalui www.dkvact.com. 

Asmoro Nurhadi Panindias, selaku Kaprodi DKV memaparkan bahwa event ini sebagai bukti pertanggungjawaban kinerja prodi dan mahasiswa kepada stakeholder atas kompetensi di bidang desain komunikasi visual sebagai salah satu solusi mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. (Sofyan)


Baca juga: UKM KSR PMI Unit Unisri Gelar Diklatsar


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top