KKNT Unisri Memberikan Edukasi Penanaman dan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sejak Usia Dini

Print Friendly and PDF

Meiliana Rachmawati saat memberikan edukasi tentang penanaman dan penerapan nilai-nilai pancasila sejak usia dini.

KKNT Unisri Memberikan Edukasi Penanaman dan Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Sejak Usia Dini 

Karanganyar- majalahlarise.com -Kuliah kerja nyata dilaksanakan oleh mahasiswa Unisri program studi ilmu hukum Meiliana Rachmawati (Kelompok 4)  dengan DPL Nur Endah Fajar Hidayah, SE, M.Ak di desa Lempong, Jenawi, Karanganyar  memberikan edukasi tentang penanaman dan penerapan nilai-nilai pancasila sejak usia dini. Senin (9/8/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dan dilakukan dengan bertahap dan bergantian untuk menghindari kerumunan.

"Pancasila merupakan pilar ideologi bangsa Indonesia oleh karena itu penting untuk menanamkan nilai-nilai pancasila pada diri kita. Penanaman nilai-nilai pancasila sejak usia dini tepat untuk dilakukan sebab anak-anak pada usia dini sangat mudah untuk terpengaruh segala hal baik itu buruk baik baginya. Penanaman nilai-nilai Pancasila sejak usia dini ini dimaksudkan agar setelah anak beranjak dewasa mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, terang Meiliana Rachmawati.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat terutama anak-anak yang diberikan edukasi. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan respon anak-anak sangat positif dan sangat senang mempelajari pancasila. Edukasi ini memberikan pengajaran tentang pengenalan sila-sila pada pancasila dan penerapan nya dalam kehidupan sehari-hari. 

Media edukasi yang digunakan ada beberapa macam, yaitu melalui visual berupa gambar burung Garuda, membuat poster Pancasila bersama, mewarnai burung Garuda dan melihat video pembelajaran tentang nilai-nilai pancasila serta penerapannya dan melalui audio visual berupa menyanyikan lagu yel-yel Pancasila. 

"Harapan saya dengan diadakannya program edukasi penanaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila sejak usia dini ini membuat anak-anak tidak buta Pancasila dan diharapkan setiap tindakan yang dilakukan kedepannya juga berdasarkan atas nilai-nilai Pancasila dan menjadi karakter yang melekat pada dirinya," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: KKNT Unisri Pendampingan Belajar Kepada Anak-anak SD di Baluwarti 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top