KKNT Unisri Adakan Pelatihan Pembuatan Dimsum Kulit Sawi Putih Sebagai Ide Usaha

Print Friendly and PDF

Anggit Trisnawati melatih pembuatan dimsum kulit sawi putih.

KKNT Unisri Adakan Pelatihan Pembuatan Dimsum Kulit Sawi Putih Sebagai Ide Usaha

Sragen- majalahlarise.com - Perpanjangan PPKM level 4 akibat tingginya kasus positif Covid-19 berdampak pada seluruh kegiatan manusia, salah satunya kegiatan KKN. Namun demikian tidak mematahkan semangat mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi Surakarta untuk mengabdi kepada masyarakat.

Anggit Trisnawati Mahasiswa Prodi THP Fakultas Teknologi Pangan, anggota kelompok 5  KKN-Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka "Wujudkan Desa Bangkit" Universitas Slamet Riyadi Surakarta 2021 dengan DPL Drs. Suprayitno., M.Si mengadakan pelatihan pembuatan dimsum di Dukuh Putatan RT 13 Desa Jenggrik, Kedawung, Sragen yang diikuti oleh 10 ibu-ibu anggota kelompok tani wanita, beserta ketua dan pembimbing. Sabtu (7/8/21).

Sawi Putih (Brassica rapa subsp. pekinensis )  merupakan salah satu jenis sawi yang mudah didapatkan. Selain harganya yang terjangkau, sawi putih merupakan bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Kandungan serat pangan yang tinggi pada sawi putih ini baik untuk kesehatan pencernaan. Selain serat, sawi putih juga mengandung karbohidrat, protein, dan berbagai vitamin serta mineral penting yang baik untuk tubuh. 

Pelatihan ini berjalan secara atraktif pada saat proses pembuatan, ibu-ibu anggota ktw antusias membantu mengolah dimsum dengan diberi arahan oleh Anggit Trisnawati, selaku pemateri. 

Pengurus Kelompok Tani Wanita menerima dengan baik dan mengucapkan terimakasih atas inisiatif KKNT MBKM UNISRI mengadakan pelatihan pembuatan dimsum kulit sawi putih.

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan bagi masyarakat mengenai manfaat sawi putih untuk kesehatan, dapat bernilai ekonomis sekaligus dapat dijadikan alternatif cemilan selama di rumah saja. 

"Selain itu, olahan ini dapat dijadikan ide usaha bagi warga sekitar di era pandemi Covid-19," terang Anggit Trisnawati kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKN-T UNISRI Beri Pendampingan UMKM Desa Semin dan Pemberian Inovasi Pengemasan Produk


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top