Edukasi Warga Membuat Minuman Tradisional Jaga Imun

Print Friendly and PDF

Marinda Putri Anggraeni siap mengajarkan pembuatan minuman tradisional.

Edukasi Warga Membuat Minuman Tradisional Jaga Imun

Karanganyar- majalahlarise.com -Marinda Putri Anggraeni (21) Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE), Program Studi Manajemen, Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2021 yang dilaksanakan selama 40 hari dimulai pada tanggal 26 Juli hingga 31 Agustus 2021.

KKNT di Era pandemi ini sangat berbeda dengan KKNT pada umumnya. KKNT pada umumnya mengabdi kepada masyarakat di desa yang belum terlalu maju dengan konsep kelompok. Sedangkan KKNT tahun ini dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta  dilaksanakan di desa Gedangan Kanten, Sroyo, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah dengan tema KKNT “MBKM Wujudkan Desa Bangkit”.

Hal ini dikarenakan adanya pandemi corona yang mewabah hingga penjuru dunia salah satunya di Indonesia. Agar memutuskan persebaran virus corona yaitu dengan sosial distancing atau menjaga jarak dan mengurangi pengumpulan masa. Dampak dari pandemi corona ini sangat banyak salah satunya pada kesehatan tubuh yang terjadinya imun tubuh menurun yang menyebabkan mudahnya terkena penyakit. 

Marinda Putri Anggraeni dalam keterangan tertulis menyampaikan dirinya mengedukasikan warga masyarakat Desa Gedangan Kanten yang memberikan cara pembuatan minuman tradisional menggunakan bahan-bahan rempah untuk meningkatkan imun tubuh agar sehat di saat pandemi saat ini. 

Minuman ramuan tradisional yaitu wedang uwuh, bahannya campuran rempah-rempah, adapun bahan yang di perlukan saat membuat wedah uwuh yaitu jahe, serai, gula batu atau gula jawa, kayu secang, cengkeh, dan kayu manis.

Cara membuatnya sangat mudah yang pertama cuci bersih semua bahan, kemudian tiriskan, selanjutnya kupas jahe lalu di geprek hingga pipih beri secukupnya, kemudian serai di geprek beri secukupnya. Selama mempersiapkan bahan, rebus air, setelah mendidih tambahkan kayu manis, kayu secang, cengkeh, dan gula jawa atau gula batu. Aduk sebentar hingga tercium aroma wanginya. Tunggu hingga warna airnya menjadi kemerahan. Lalu angkat dan saring kemudian masukan ke dalam gelas.

"Minuman ini sangat cocok diminum pada sore hari atau pada saat kondisi fisik kurang baik, dan pada saat musim hujan," terangnya. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKN-T UNISRI Memberikan Foto Produk Gratis UMKM Konveksi Vicky Ayu Fashion Designer




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top