Breakout Room Zoom Meeting, Pengalaman Baru Siswa Kelas II SD Muh PK Kottabarat

Print Friendly and PDF

Siswa kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB) yang digelar secara daring melalui Zoom meeting.


Breakout Room Zoom Meeting, Pengalaman Baru Siswa Kelas II SD Muh PK Kottabarat

Solo- majalahlarise.com -Sejumlah 56 siswa kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti Masa Pengenalan Kelas Baru (MPKB) yang digelar secara daring melalui Zoom meeting, Senin-Rabu (12-14/7/2021).

Kegiatan MPKB diawali dengan murajaah surat-surat pendek juz 30 menggunakan irama Nahawan yang dipimpin oleh Ustaz Wahyu Widodo, guru PAI kelas II. Murajaah dilakukan agar siswa tetap menjaga hafalan Al quran yang sudah dilakukan sejak kelas I.

Setelah murajaah bersama, kegiatan selanjutnya adalah perkenalan tim guru kelas II tahun ajaran 2021/2022. Satu persatu guru kelas II memperkenalkan diri dan menyampaikan muatan pelajaran yang akan diampu. 


Baca juga: Riset Grup  Linguistik Sastra Daerah UNS Gelar Lanjutan Pelatihan Pidato Bahasa Jawa

Gedis Wiranur Putri, koordinator tim guru kelas II mengungkapkan bahwa untuk mengobati kerinduan siswa terhadap sekolah, guru sengaja menayangkan live streaming pengenalan lingkungan kelas yang baru. 

Menurutnya, para siswa yang saat ini naik kelas II hampir belum pernah mengikuti pembelajaran di sekolah, sehingga belum tahu lokasi kelas maupun kondisi lingkungan sekolah yang sesungguhnya.

"Melalui siaran langsung Zoom Meeting kami perlihatkan kelas, loker penyimpanan barang pribadi, rak sepatu, toilet, serta lingkungan sekolah," ungkapnya. 

Gedis juga menambahkan bahwa tujuan kegiatan MPKB adalah untuk memperkenalkan tim guru, program kelas, kontrak belajar, dan lingkungan kelas yang baru. 

Kegiatan MPKB diakhiri dengan pembagian pembimbing akademik (PA) dan tutorial masuk breakout room pada aplikasi Zoom Meeting. Para siswa secara bergiliran memperkenalkan diri dan menyapa PA mereka. 

"Beberapa siswa tampak masih bingung untuk memasuki breakout room Zoom Meeting, tetapi ini wajar karena masih kelas II dan merupakan pengalaman baru bagi mereka," tutur Gedis.


Baca juga: FEB UNS Adakan Pelatihan dan Pendampingan Go Digital UMKM Produk Makanan Halal



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top