Tingkatkan Kompetensi Dosen, Akreditasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi, Univet Bantara Beri Bantuan Penerbitan Buku Referensi dan Buku Ajar

Print Friendly and PDF

 

Wakil Rektor I Univet Bantara, Dr. Herry Agus Susanto (tengah baju merah) saat foto bersama para dosen penerima bantuan penerbitan buku. 

Tingkatkan Kompetensi Dosen, Akreditasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi, Univet Bantara Beri Bantuan Penerbitan Buku Referensi dan Buku Ajar

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dalam rangka upaya peningkatan kompetensi dosen, Univet Bantara Sukoharjo melalui bidang akademik memberikan bantuan penerbitan buku referensi dan buku ajar. Jumat (9/4/2021) di kampus setempat.

Ketua panitia pelaksana Darsini, ST. MT mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada dosen dalam upaya peningkatan kompetensi.

"Pemberian bantuan ini, akan diikuti penerbitan buku berikutnya. Pemberian bantuan penerbitan buku dilakukan melalui seleksi yang prosesnya dimulai sejak bulan Nopember 2020," terangnya.


Baca juga: Univet Bantara Ikut Serta dalam Konsorsium Pengelola Jurnal Pengabdian

Berdasarkan hasil seleksi, terdapat 9 karya dosen yang memenuhi persyaratan, masing masing Dewi Kusumaningsih, M.Hum Nuryani Tri Rahayu, M,Si, Dr. Sawitri, Dr. Agus Efendi, Suyahman MH, Veronika Unun Pratiwi, S.Pd, M.Pd, Dr. Meida Suswandari, Dr. Muchlis dan Darsini, MT.

Wakil Rektor I bidang akademik Dr. Herry Agus Susanto dalam sambutan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja bidang akademik. Program kegiatan ini adalah dalam rangka untuk memacu dan memicu peningkatan kompetensi dosen melalui publikasi ilmiah, khusunya buku refernsi daan buku ajar. Publikasi ilmiah merupakan salah satu komponen kriteria penilaian dalam akreditasi program studi, institusi maupun pemeringkatan perguruan tinggi. 

"Untuk menghasilkan sebuah karya buku, memang diperlukan adanya kemauan dan kemampuan dosen. Untuk membekali para dosen dalam penyusunan buku referensi maupun buku ajar, telah dilakukan kegiatan workshop penyusunan buku sampai pada kegiatan pendampingan. Buku dapat dihasilkan melalui kegiatan penelitian," ungkapnya.


Baca juga: Dosen DKV FSRD ISI Surakarta Ajak Pelaku Kuliner Kota Solo Naik Kelas Lewat Materi Branding Desain Kemasan

Dr. Herry Agus Susanto berharap kepada dosen untuk melakukan kegiatan penelitian yang luaranya merupakan buku atau monograf. Berdasarkan data yang ada pada Sinta Ristek/Brin, terdapat 39 karya buku yang sudah terdaftar sebagai karya publikasi ilmiah.

"Kegiatan ini akan dilanjutkan untuk program akademik mendatang. Selain itu juga disampaikan bahwa dalam waktu dekat akan diluncurkan program IPI (Insentif Publikasi Ilmiah) dosen. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top