Dosen DKV FSRD ISI Surakarta Ajak Pelaku Kuliner Kota Solo Naik Kelas Lewat Materi Branding Desain Kemasan

Print Friendly and PDF

Pemateri Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds saat foto bersama dengan peserta pelatihan.

Dosen DKV FSRD ISI Surakarta Ajak Pelaku Kuliner Kota Solo Naik Kelas Lewat Materi Branding Desain Kemasan

Solo- majalahlarise.com - Dinas Pariwisata Kota Surakarta dalam rangka Kegiatan Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar dengan Sub Kegiatan Pengembangan Kompetensi SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Program Pengembangan SDM dan Ekonomi Kreatif Tahun Anggaran 2021 ini menggelar kegiatan berupa pelatihan yang bertajuk "Pelatihan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Sub Sektor Kuliner Kreatif".

Pelaksanaan kegiatan pelatihan untuk pelaku sub sektor kuliner kreatif ini selama 3 (tiga) hari dari Selasa - Kamis, (6-8/4/2021) di Pantiarjo Room, Kusuma Sahid Palace Hotel, Surakarta yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas branding produk kuliner.

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Nunuk Marihastuti, S.H, berharap dari materi pelatihan yang disampaikan dalam kegiatan selama 3 (tiga) hari ini dapat meningkatkan produk kuliner agar bisa lebih maju dan mampu menjadi brand yang mumpuni, sekaligus juga meningkatkan potensi pariwisata, khususnya dari sub sektor ekonomi kreatif ini.


Baca juga: Guru SMPN 8 Surakarta Ikuti Sosialisasi Pengisian DUPAK Berbasis Aplikasi Online

Salah satu pemateri di hari kedua mengenai desain kemasan atau packaging yaitu dari dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang juga sebagai co founder Komunikotavisual, Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds menjelaskan materi "Lezatnya Branding Produk Kuliner Kreatif", dimana peranan sebuah desain kemasan penting dalam proses branding produk kuliner tersebut, selain kemasan tidak saja berfungsi tempat wadah saja, namun harus memiliki fungsi untuk nilai tambah produk tersebut.

Pemateri lainnya antara lain, yaitu Ardhea Mustika Sari, S.TP., M.Sc dari dosen Prodi Ilmu Teknologi Pangan UNS dengan materi "Produk Kuliner Tanpa Bahan Pengawet", kemudian Daryono sebagai Direktur Sinergi Media Wisata yang memaparkan mengenai "Promosi Kuliner Melalui Event", selanjutnya pemateri di hari ketiga yaitu Ade Rizal Avianto (Fotografer Profesional) dengan materi "Fotografer Food".

"Materi desain kemasan diperlukan selali, sebab masih banyak anggapan di masyarakat bahwa desain kemasan (packaging) tidak hanya seputar tampilan luarnya saja, namun semua aspek yang melingkupinya menjadi bagian kesatuan yang utuh dalam meningkatkan branding, khususnya produk sub kuliner kreatif," ungkap Basnendar.

Selanjutnya, Basnendar H, juga mengajak peserta untuk berdiskusi mengenai kelemahan dan kelebihan produk kuliner yang bisa dimaksimalkan melalui desain kemasan yang menarik dan fungsional tentunya.

Kegiatan ini berjumlah sekitar 50 peserta dari para pelaku kuliner kreatif di Surakarta ini sangat antusias mengikuti semua sesi ini dengan aktif bertanya dan berdiskusi seputar desain kemasan, dimana masih banyak dan awam mengenai merancang packaging yang unik dan menarik konsumen, selain yang paling utama tetap kualitas produk tentunya. (Sofyan)


Baca juga: Anggono Bayu Aji, Siswa SMKN 1 Pracimantoro Juara 3 Bidang Culinary LKS 2021 Provinsi Jawa Tengah



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top