Fakultas Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Selenggarakan Seminar "Remaja Sehat, Siapa Takut?"

Print Friendly and PDF

 

Tampilan layar kegiatan seminar FKM Univet Bantara Sukoharjo, Ramaja Sehat Siapa Takut?

Fakultas Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Selenggarakan Seminar "Remaja Sehat, Siapa Takut?"

Sukoharjo- majalahlarise.com- Keadaan sejahtera, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Untuk itulah Tim Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo telah menyelenggarakan Seminar Zoom Meeting “Remaja Sehat, Siapa Takut?”. Minggu (11/4/2021).

Ketua Koordinator PMB FKM Univet, Nur Ani, S.K.M., M.K.K.K. menyampaikan kegiatan ini yang dihadiri oleh 67 peserta dari SMA/SMK, mahasiswa dan masyarakat umum yang dibuka oleh Wartini, S.K.M., M.Sc. selaku Dekan dan Penanggungjawab Tim PMB FKM Univet Bantara. 

Dekan FKM Univet Bantara sekaligus sebagai narasumber acara, Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H. mengatakan kegiatan ini merupakan program kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Tim PMB FKM Univet sebagai upaya promosi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya memperhatikan kesehatan remaja. Ibarat gadget, remaja mempunyai kemampuan multitasking karena remaja sedang proses tumbuh kembangnya.


Baca juga: Project#33 Komunikotavisual Gelar Aksi Pengumpulan Donasi dan Menggambar Bersama

The Golden Age atau masa keemasan kedua ini terjadi di usia REMAJA. Apa saja sih perubahan yang terjadi pada tubuh remaja dimasa golgen age? Ini dia!  Tubuh, tingkat kecerdasan dan emosi pada masa ini berkembang sangat pesat. Masa  remaja akan menjadi petualangan seru dimana remaja wajib mencharge  tubuhnya dengan asupan gizi makanan yang seimbang, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memotong kuku dan beraktifitas fisik setiap hari kurang lebih 60 menit," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, remaja sehat ditandai dengan Isi kepala yang kreatif, terbuka dengan perubahan dan perbedaan, mencari identitas diri, mulai percaya diri, dan mampu mengambil keputusan sendiri. Kondisi tangan suka bereksperimen, aktif berperan di masyarakat, berupa mengenal diri sendiri, aktif mengembangkan kualitas diri dan siap mebantu yang membutuhkan. Kondisi hati terbuka dan simpatik, suasana hati naik turun, mampu mengungkapkan perasaan, peduli pada diri sendiri dan lingkungan, mulai tertarik pada orang lain secara emosional dan seksual. Terakhir kondisi kaki; sigap bergerak, mengejar cinta, melakukan hobi, menapaki cita-cita dan masa depan, mencari pengalaman dan petualangan.

Kegiatan seminar ini juga disisipi dengan kegiatan paparan informasi PMB yang disampaikan oleh Yulia Pertiwi, S.K.M., M.K.M. "Saat ini telah dibuka program PMB gelombang I  (Maret – Juni 2021). Kegiatan ini telah berjalan lancar dan diharapkan masyarakat akan lebih antusias dengan keberadaan FKM Univet Sukoharjo," katanya. (Sofyan)


Baca juga: Pagelaran Seni "Karya Muda Berdaya" Remaja Desa Tegalharjo Eromoko Live Streaming YouTube


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top