Anggono Bayu Aji, Siswa SMKN 1 Pracimantoro Juara 3 Bidang Culinary LKS 2021 Provinsi Jawa Tengah

Print Friendly and PDF

 

Anggono Bayu Aji saat mengikuti LKS secara daring.

Anggono Bayu Aji, Siswa SMKN 1 Pracimantoro Juara 3 Bidang Culinary LKS 2021 Provinsi Jawa Tengah

Wonogiri- majalahlarise.com -Siswa kelas XII Tata Boga I SMKN 1 Pracimantoro, Anggono Bayu Aji meraih juara 3 bidang lomba kuliner (culinary) dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke-XXIX SMK Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 yang diselenggarakan selama dua hari. (23-24/3/2021).

Remaja yang akrab disapa Anggono, saat dikonfirmasi mengatakan dirinya tidak percaya setelah dinobatkan sebagai juara 3 dalam ajang bergengsi tingkat Jawa Tengah ini, karena pesaingnya dari sekolah-sekolah kota sedangkan sekolahnya berada di daerah pinggiran perbatasan antara Wonogiri selatan dan Gunungkidul.

"Saya dilatih selama tiga bulan. Saya merasa senang, bersyukur kepada Allah SWT bisa membanggakan orang tua, guru dan sekolah lewat prestasi ini. Saya merasa bahagia bukan main," ungkapnya penuh rasa haru.

Anggono Bayu Aji dan helper Dimas Wahyu Putro saat foto bersama tim Tata Boga.

Baca juga: Edukasi Lewat Menggambar Jalan, Anak-Anak Perumnas Pokoh Kidul, Wonogiri "Berkreasi Beragam Tema"

Lebih lanjut, anak dari pasangan Agus Sutarno dan Sriyanti ini mengucapkan terimakasih atas dukungan dari teman-teman, bapak dan ibu guru, kedua orang tua.

"Saya teringat kata-kata motivasi dari teman saya yang mendorong saya tetap bersemangat bahwa hasil adalah bonus dari ada besarnya perjuanganmu. Tapi tetap hargai prosesmu karena itu yang membuatmu berada di titik ini," ujarnya.

Saat disinggung memilih jurusan Tata Boga di SMKN 1 Pracimantoro, laki-laki yang tinggal Wonosobo, Wonodadi, Pracimantoro, Wonogiri ini mengaku untuk mengembangkan ketrampilan teknik memasak sebab semasa di SMP pernah jualan dan temannya yang menganjurkan mengambil jurusan tata boga.


Baca juga: 30 Mahasiswa KKN Univet Bantara Terima Penghargaan Video Kreatif Terbaik

"Cita-cita saya ingin jadi seorang pengusaha. Untuk itu saya pilih sekolah di sekolah pariwisata yang terdekat di SMKN 1 Pracimantoro untuk menimba ilmu. Nanti kalau sudah ada modal bisa mendirikan usaha," jelasnya.

Kepala SMKN 1 Pracimantoro, Putra Jaya saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu (7/4/2021) mengatakan sekolah yang dipimpinya baru pertama kali mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang culinary bisa mendapatkan juara 3.

"Hasil yang diperoleh bagi kami sangat memuaskan. Karena bisa mengalahkan sekolah-sekolah yang sudah lama berkecimpung di bidang itu," ujarnya.

Dikatakan pula, dengan perolehan prestasi ini memberi motivasi bahwa kita bisa SMK bisa meraih juara. "Isya Allah tahun depan kita ambisi melakukan yang terbaik paling tidak mendapatkan juara I dan maju tingkat Nasional," harapnya.


Baca juga: Indira Pramesthi Ermina Ramadhani Meraih 13 Medali Selama Pandemi

Sementara itu, guru pembimbing Tata Boga, Sika Agusta Fermi S menceritakan pihaknya mendapatkan informasi lomba pada bulan November 2020 akan dilaksanakan LKS secara daring tingkat Jawa Tengah. Tim Tata Boga mempersiapkan seleksi dari 20 siswa dipilih 1 peserta dan 1 helper. Terpilih peserta Anggono Bayu Aji dan helper Dimas Wahyu Putro.

"Kita latihan secara rutin selama 3 bulan dari jam 8 pagi sampai 9 malam karena ada tiga modul hidangan yang dipelajari. Setiap hidangan membutuhkan waktu dua jam pengerjaan," terangnya.

Dikatakan pula, dalam pelaksanaan lomba selama dua hari dengan menu hidangan makanan yang dilombakan yaitu ModulL1 Finger Food (Meat and Ovo Lacto) Bahan utama untuk Meat adalah Chicken (pengelolaan bebas).
Bahan utama untuk Ovo Lacto adalah GreenPeas (pengelolaan bebas).

"Untuk menu Plate Main Course dan Dessert bahan utama Beef (pengelolaan Roasting), 1 (satu) macam sauce (minimal), 2 (dua) macam sayuran yang berbeda (minimal) 1 (satu) jenis makanan karbohidrat, Garnish bebas dan penyajian modern style. Desset lnterprestation Bread and Butter Pudding," paparnya.

Wanita yang mengajar Tata Boga sejak tahun 2015 ini berharap prestasi ini dapat memacu siswa, guru untuk lebih semangat lagi meraih prestasi baik akademik maupun non akademik sehingga SMKN 1 Pracimantoro mampu bersaing di tingkat Jawa Tengah maupun Nasional. (Sofyan)


Baca juga: 50 Anggota DPRD Kabupaten Magelang Belajar ke Unisri


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top