Prodi PPKn Univet Bantara Gelar Kuliah Tamu, Penguatan Profesionalisme Guru PPKn di Masa Pandemi Covid-19

Print Friendly and PDF

 

Dosen prodi PPKn FKIP Univet sekaligus panitia kegiatan saat mengikuti kuliah tamu secara daring.


Prodi PPKn Univet Bantara Gelar Kuliah Tamu, Penguatan Profesionalisme Guru PPKn di Masa Pandemi Covid-19

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi PPKn FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan kuliah tamu mengangkat tema, "Penguatan Profesionalisme Guru PPKn di Masa Pandemi Covid-19" secara daring melalui aplikasi zoom, Sabtu (20/3/2021).

Kegiatan yang diikuti 200-an peserta dari mahasiswa dan guru PPKn se- Indonesia ini mengadirkan pembicara Dr. Muhkamad Murdiyono, M.Si (Kaprodi S2 PPKn UNY) dan Drs. Suyahma, M.Si, M.H (Sekprodi PPKn Univet Bantara Sukoharjo.

Dekan FKIP Univet Bantara, Toni Harsan menyampaikan kegiatan kuliah tamu ini rencana awal merupakan acara internal bagi mahasiswa PPKn. Karena pandemi Covid-19 dilaksanakan secara daring diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.


Baca juga: 68 Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Resmi Ditarik Dari Praktik Belajar Lapangan (PBL) I

"Saya mengapresiasi kegiatan ini merupakan kepedulian prodi PPKn untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terkait dengan bagaimana guru PPKn yang profesional di masa pandemi karena saat ini guru PPKn menjadi tumpuan jika ada murid nakal, suka membolos," ucapnya.

Disampaikannya, dengan era daring ini guru PPKn punya banyak kendala karena murid belajar di rumah dan belum ada jaminan murid belajar di rumah.

"Kita melihat di masa pandemi Covid-19 di warung-warung angkringan, tempat-tempat nongrong ramai anak-anak usia sekolah. Maka ini tantangan guru PPKn bagaimana supaya bisa menanamkan nilai-nilai norma dan moral kepada para muridnya. Mereka betul-betul bisa menjadi warga negara yang baik dan cerdas," terangnya.


Baca juga: Prodi DKV ISI Angkat Proses Kreatif dalam Satempo Talks sebagai Pre Event Satempo Design Exhibition 2021

Sementara itu, Kaprodi PPKn Univet Bantara, Dra. MH, Sri Rahayu, M.Pd saat ditemui di sela-sela kegiatan menuturkan kegiatan ini diselenggarakan mengamati paradigma baru yang terjadi dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Paradigma itu menuntut para guru untuk berkreasi dan berinovasi baik dalam pembuatan RPS maupun dalam pelakukan proses pembelajaran. Selain itu guru dituntut harus berkawan dengan IT dalam bentuk aplikasi maupun koneksinya.

"Khusus untuk pembelajaran PPKn memiliki spesialisasi tersendiri dibandingan dengan mata pelajaran lainnya. Proses pembelajaran secara daring harus tetap dikemas secara menarik dan menyenangkan serta mampu mengaktualisasikan nilai-nilai karakter yang diwajibkan," tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap melalui kuliah tamu dengan tema penguatan profesionalisme guru PPKn di masa pandemi  Covid-19, para peserta mendapatkan wawasan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan sehingga dapat menjadi bekal dalam melaksanakan pembelajaran PPKn lebih baik dan profesional. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top