393 Mahasiswa Ikuti Pembekalan KKN Periode II Secara Online

Print Friendly and PDF

 

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan pembekalan KKN Periode II tahun 2020/ 2021.

393 Mahasiswa Ikuti Pembekalan KKN Periode II Secara Online

Sukoharjo- majalahlarise.com -Sebanyak 393 mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Periode II Tahun 2020/2021 Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengikuti pembekalan sebelum diterjukan di tengah masyarakat tersebar di tujuh provinsi yaitu NTT, NTB, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamis-Jumat (28-29/1/2021) secara online.

Koordinator Tim Pembekalan KKN, Harsono, S.S, M.Hum menjelaskan konsep KKN ini adalah KKN mandiri berbeda dengan KKN sebelum pandemi Covid-19 secara berkelompok. Mahasiswa melaksanakan KKN di wilayah tempat tinggal sendiri selama 45 hari dan dibimbing sebanyak 21 DPL (Dosen Pembimbing Lapangan).

"Tema KKN mengusung tema pendidikan masyarakat dimasa pandemi Covid-19. Rata-rata dari keseluruhan peserta KKN dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) membantu mengatasi problematika pendidikan, ekonomi kreatif, kesehatan dengan membuat Rumah Cerdas Universitas Veteran Bangun Nusantara (RCUVBN)," terangnya.

Tampilan layar pembekalan KKN secara online melalui zoom meeting.

Baca juga: SMP Muhammadiyah PK Gelar Gerakan Jumat untuk Kemanusiaan

Dijelaskan Harsono, RCUVBN semacam rumah belajar bagi anak usia sekolah untuk bimbingan belajar, tempat interaksi, bermain menghilangkan kepenatan dari tugas-tugas sekolah bersifat edukatif terkait pendidikan. Dicontohkan pendidikan literasi menyampaikan dengan mendongeng dan berjemur sehingga timbul semangat gairah belajar. Selain itu bisa juga membuat taman bacaan di lingkungan RT atau sekolah alam.

"Rumah cerdas ini diikuti empat sampai lima orang di lingkungan sendiri dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk daerah yang dinyatakan zona hijau dan kuning. Sedangkan yang zona merah semua dilaksanakan secara daring," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap melalui pembekalan KKN ini mahasiswa bisa menangkap pesan yang disampaikan oleh narasumber. Sehingga materi pembekalan betul-betul bisa menjadi bekal memberikan terbaik bagi masyarakat di tempat KKN.


Baca juga: Tim Literasi SMAN 1 Purwantoro Terbitkan Dua Buku Di Masa Pandemi Covid-19

Sementara itu, Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid, WM, MP saat ditemui usai membuka pembekalan KKN menyampaikan KKN periode II ini merupakan KKN ke dua selama pandemi Covid-19. KKN pertama menekankan pada pembelajaran masyarakat tentang protokol kesehatan. Sedangkan KKN ke dua ini pada membantu proses belajar anak sekolah yang hampir satu tahun ini belajar di rumah mengalami kendala dalam proses pembelajaran.

"Dalam pembekalan ini disampaikan materi Strategi Pendidikan dan
Pembelajaran efektif untuk anak di
masa pandemi covid 19 oleh Dr. Achmad Buchori, M.Pd (UPGRIS SEMARANG) mengajarkan bagaimana belajar itu menjadi menyenangkan dan mengasyikan sehingga timbul motivasi belajar," tuturnya.

Ditambahkan, Prof. Ali Mursyid bahwa mahasiswa KKN juga diberi materi trauma healing pada anak dan orang tua dimasa pandemi covid
19 Solusi dan alternatif membangun kembali mental dan psikis generasi emas. Selain itu materi kepandemian dari Fakultas Kesehatan Masyarakat serta materi teknologi informasi.

Baca juga: 230 Mahasiswa FISIP Unisri Ikuti Kunjungan Virtual ke 9 Instansi

"Peserta KKN diberi materi teknologi informasi karena format laporan kegiatan KKN dirubah tidak berbentuk laporan buku tetapi dalam bentuk video dan foto di upload ke sebuah sistem di KKN serta video kreatif di unggah di youtube," katanya.

Terkait dengan Rumah Cerdas di KKN, pria yang akrab disapa pak Ali Muryid ini mengapresiasi pusat KKN Univet membuat program Rumah Cerdas membantu belajar anak sekolah dan mengatasi trauma belajar sehingga anak-anak bisa lebih termotivasi semangat belajar di tengah pandemi Covid-19. (Sofyan)







Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top