SMKN 1 Girisubo Launching Program Mbangun Desa

Print Friendly and PDF

Plt Panewu Girisubo, Agung Danarto, S.Sos., M.S.E. beserta lurah se-kapanewonan Girisubo, Komite Sekolah serta GTK SMK N 1 Girisubo saat foto bersama di sela-sela launching program SMKN 1 Girisubo Mbangun Desa.


SMKN 1 Girisubo Launching Program Mbangun Desa

Gunungkidul- majalahlarise.com -Covid–19 yang merebak sejak awal tahun 2020 hingga saat ini berdampak pada pola tatanan kehidupan, salah satunya adalah dunia pendidikan khususnya SMK (Sekolah Menegah Kejuruan). Tidak sedikit peserta didik, orang tua bahkan alumni yang mengeluh karena terbatasnya akses pendidikan, ekonomi maupun pasar kerja yang selama ini menjadi sasaran lulusan maupun alumni SMK, tidak terkecuali di SMK Negeri 1 Girisubo.

SMK di bawah Dikpora DIY yang terletak di Kalurahan Jepitu, Kepanewonan Girisubo, Gunungkidul, ini berusaha berinovasi setelah menyerap aspirasi komite sekolah, warga maupun pemerintah Kepanewonan, dengan launching program SMK Negeri 1 Girisubo Mbangun Desa. Jumat (11/9/2020) di aula sekolah.

Baca juga: Tim Pengabdian Sastra Indonesia FIB UNS Adakan Pelatihan Menulis Kreatif

Acara launching SMK Negeri 1 Girisubo Mbangun Desa, dihadiri oleh Plt Panewu Girisubo, Agung Danarto, S.Sos., M.S.E. beserta lurah se-kapanewonan Girisubo, Komite Sekolah serta GTK SMK N 1 Girisubo.


Kepala SMKN 1 Girisubo, Aris Sudarmawan, S.Pd, M.Pd  dalam sambutanya menyampaikan Alumni jangan sampai menjadi beban bagi masyarakat maka melalui program ini peran sekolah untuk melaksanakan retooling, memanggil kembali alumni yang habis kontrak atau belum bekerja untuk diberi keterampilan agar bisa produktif bekerja dan membangun desanya.

Baca juga: Makna Rengginang Saat Pandemi Covid-19

Hendra Susanto,S.Si. selaku ketua pelaksana menyampaikan program SMK Mbangun Desa yang dicanangkan SMK Negeri 1 Girisubo akan direalisasikan dalam bentuk UPJP (Unit Produksi, Jasa dan Pemasaran) dan UPMD (Unit Pengabdian Masyarakat Desa) yang diharapkan dapat mendukung tiap Kalurahan di Kapanewonan Girisubo mewujudkan Desa Industri Mandiri.



Sementara itu, dalam sambutan Plt. Panewu Girisubo Agung Danarto, S.Sos, M.S.E.  menyampaikan dukungannya dan berharap Kalurahan yang ada bisa bersinergi dengan program SMK Mbangun Desa ini, sehingga mampu meningkatkan kualitas SDM masyarakat Kepanewonan Girisubo yang nantinya berimbas pada lancarnya roda perekonomian masyarakat.

Acara launching yang sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan beberapa melihat Semsabo Green Garden yaitu lokasi kebun sayur dan budidaya Budikdamber di halaman belakang sekolah. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top