PERLUNYA PENDIDIKAN JASMANI

Print Friendly and PDF

PERLUNYA PENDIDIKAN JASMANI 

Oleh : Nurika Wahyuningsih, S.Pd

Guru SD Negeri 2 Sumbersari, Ngampel, Kendal Jawa Tengah

Nurika Wahyuningsih, S.Pd


       Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani olahraga yang terpilih untuk mencapai tujuan pendidikan, yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, dan sikap sportif, kecerdasan emosi. Adang Suherman dan Agus (2001) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk mencapai perkembangan individu secara menyeluruh.

       Achmad (2012) menyatakan tujuan pendidikan jasmani adalah memberikan kepada anak untuk mempelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan potensi anak baik dalam aspek fisik, mental, sosial emosional dan moral.

       Peningkatan mutu proses belajar mengajar merupakan hal penting dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Belajar bertujuan untuk mendorong siswa agar belajar dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Sekolah sebagai untuk menuntut dan mengembangkan berbagai ilmu pengetahuan, dimana perkembangan itu akan Iebih maju bila di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas dan sarana yang lengkap. Dalam proses belajar mengajar menuntut kehadiran guru yang benar-benar kompeten pada bidangnya.

       Padahal banyak sekali manfaat yang didapatkan dari berolahraga salah satunya manfaatnya yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh dan masih banyak lagi manfaat lain dari berolahraga secara teratur, hal ini yang perlu di pahami oleh orang tua siswa agar tidak berfikiran buruk tentang olahraga. Peran PJOK sungguh nyata dalam mewujudkan generasi Indonesia Emas dengan SDM Unggul untuk mecapai Indonesia Maju. Pembelajaran PJOK tidak dapat dikesampingkan dan hanya menjadi pelengkap saja. 

       Rendahnya frekuensi aktivitas fisik berpengaruh pada kebugaran jasmani dan kesehatan peserta didik, sedangkan tuntutan dunia industri dan dunia usaha tak lepas pula keterkaitannya dengan baik buruknya kondisi fisik seseorang dalam melakukan kerja secara produktif. Selain terkait dengan kesehatan fisik, perkembangan teknologi dengan dampak negatifnya pun juga mengancam kesehatan mental generasi muda. Hal ini sungguh memprihatinkan, dan menjadi pekerjaan rumah bersama. PJOK dapat menjadi solusi untuk mengatasi hal ini, maka perlu untuk menyadari bagaimana urgensi peran PJOK di masa kini dalam rangka menjaga generasi emas Indonesia yang sehat dan produktif di masa yang akan datang.

       Pembelajaran gerak sederhana seperti gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan ketrampilan gerak yang baik.

       Ingat, bahwasannya sakit itu mahal! Mengapa? Biaya berobat tidaklah murah dan mampu menguras kantong. Sudah sakit ditambah beban pikiran karena mahalnya biaya pengobatan, sakit pun semakin menjadi-jadi. Ketika konsultasi dengan dokter pun, biasanya dokter akan memberikan advis untuk berolahraga secara teratur. Bukankah begitu yang sering terjadi? Jumlah jam pelajaran PJOK yang sangat minim dalam sistem pendidikan di sekolah membuat optimalisasi kesehatan peserta didik tidak berjalan dengan baik. 

       Bayangkan saja jika berolahraga hanya ketika jam pelajaran yang seminggu hanya sekali itu. Itupun kalau pas tidak tanggal merah, jika pas tanggal merah, sudah barang tentu dalam seminggu tidak bergerak berolahraga. Hal ini sungguh memprihatinkan. Aktivitas gerak yang ada dalam PJOK memberikan peran penting dalam upaya menjaga kesehatan peserta didik dan generasi muda. Pemahaman yang ditanamkan sejak dini pada peserta didik akan pentingnya menjaga kesehatan dan berolahraga menjadi sangat penting dalam memantik kesadaran peserta didik tentang bagaimana menjaga kesehatan baik fisik maupun mental. 

       Mereka pun diharapkan dapat memilih, lebih baik berolahraga dan sehat daripada harus sakit dan berobat dengan biaya yang tidak sedikit. Kesadaran mengapreasiasi nikmat sehat dengan berolahraga menjadi solusi di era masa kini. 

       Investasi kesahatan dengan berolahraga diharapkan menjadi tren yang terus berkembang, sehingga gempuran ancaman kesehatan fisik dan mental akibat dampak buruk perkembangan teknologi dapat teratasi. Sejalan dengan revolusi mental untuk mewujudkan SDM Unggul dan Indonesia Maju, PJOK memiliki peran penting di sini. Bagaimana? Pembelajaran PJOK tidak melulu pada ranah psikomotorik maupun kognitif, namun juga ranah afektif. 

       Nilai-nilai sportivitas, kejujuran, saling menghormati, hingga persahabatan yang ada dalam PJOK menjadi salah satu nilai penting dalam upaya penguatan pendidikan karakter. Hal ini menjadi penting dalam upaya revolusi mental serta dalam mewujudkan SDM Unggul di negeri tercinta.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top