Ukir Sejarah, Tim Marmalade dari DKV ISI Surakarta Raih Medali Emas Gemastik XV Tahun 2022

Print Friendly and PDF



Ukir Sejarah, Tim Marmalade dari DKV ISI Surakarta Raih Medali Emas Gemastik XV Tahun 2022

Solo- majalahlarise.com -Tim Marmalade berhasil meraih medali emas sebagai juara I untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan dalam event kompetisi tingkat nasional yaitu Gemastik dalam mata lomba Divisi V Animasi, dimana kontingen ISI Surakarta sudah ikut dalam beberapa kali penyelenggaraan.

GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) XV Tahun 2022  ini merupakan event program Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, dimana babak final yang berlangsung pada 22 - 25 Nopember 2022 secara daring dan luring selaku tuan rumah Universitas Brawijaya, Malang. Ajang kompetisi bidang teknologi informasi dan komunikasi yang digelar oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) ini menghasilkan pemenang dari 11 divisi yang dilombakan ini diikuti oleh 224 tim dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Program kompetisi GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi. Pada tahun ini GEMASTIK digelar untuk ke-15 kalinya dengan tema “TIK untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. 

Tergabung dalam lomba Divisi V Animasi dimana tim Marmalade yang beranggotakan mahasiswa DKV dari angkatan 2019, yaitu Raden Raihan P.A.P, Nawawel Sakti Aroisi, dan Cahyaning Brian Paramarta dengan animasi berjudul Lakontara dengan dosen pembimbing Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn., selain itu karya poster tim Marmalade ini juga meraih juara ketiga untuk mata lomba desain poster.

Baca juga: Layanan Komprehensif Muhammadiyah Diakui Mengangkat  Martabat Penyintas Gempa Bumi Cianjur

Karya tim Marmalade yang mengangkat seni tradisi, berupa ketoprak yang makin ditinggalkan anak muda, maka dengan memanfaatkan teknologi metaverse, kesenian tersebut lebih bisa diterima generasi muda dan sekaligus bisa menjelajah sampai ke luar negeri.

Selain tim Marmalade, juga ada tim satu lagi yang juga meraih prestasi sebagai juara harapan yaitu tim Clover yang beranggotakan yaitu Candra Feriana, Nada Rajmi Zahirah, dan Stela Pasha Samya Purba yang kesemuanya dari mahasiswa angkatan 2020 dengan animasi berjudul Aneka Rasa dengan dosen pembimbing Rendya Adi Kurniawan, S.Sn., M.Sn.

Karya animasi dari tim Clover yang tampilan yang tanpa menggunakan dialog ini menarik untuk ditonton yang berkisah seorang ayah dan ibu yang terkena dampak pandemi sehingga dagangan kue jajanan pasar sepi dan tidak terjual ini, namun dengan kemajuan teknologi informasi maka pemasaran kue menjadi meningkat pesat.

Menurut Rendya Adi Kurniawan selaku dosen pendamping bahemwa raihan prestasi dari karya animasi ini mampu membanggakan civitas akademik ISI Surakarta, dimana tim Marmalade dan tim Clover dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta di babak final Gemastik XV Tahun 2022 di Divisi V Animasi bersaing bersama 20 tim lainnya dari perguruan tinggi se Indonesia.

Raden Raihan mewakili tim Marmalade dalam rilisnya mengungkapkan bahwa melalui raihan prestasi berupa medali emas ini dapat memacu mahasiswa lainnya khususnya dari DKV FSRD ISI Surakarta untuk lebih bersemangat dalam berkarya dan berkompetisi di semua bidang kedepannya.

Sedangkan menurut Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn selaku Kaprodi DKV menyatakan bahwa pencapaian ini sangat berarti selain untuk menjaga tradisi tim dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang selalu lolos dan meraih juara dimana pertama kali meraih emas sebagai juara I dan juara harapan, serta juara ketiga untuk mata lomba desain poster. (Sofyan)


Baca juga: Sosialisasi Pendaftaran Tanah Proda Kota Surakarta Tahun 2022


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top