Tiga Juta Penggembira Akan Hadiri Muktamar 48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah di Solo

Print Friendly and PDF



Tiga Juta Penggembira Akan Hadiri Muktamar 48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah di Solo

Solo- majalahlarise.com -Tiga juta penggembira diperkirakan akan hadiri Muktamar 48 Muhammadiyah ‘Aisyiyah pada 18-20 November 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah. Bambang Sukoco selaku Sekretaris Panitia Penerima Muktamar 48 menyatakan siap memberikan layanan yang terbaik. 

“Kami berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik, muktamar kita selama tiga hari dikurangi tanwir satu hari. Insya Allah dengan persiapan terbaik kami berupaya menyambut seluruh warga persyarikatan yang hadir ke Kota Solo,” ujar Bambang.

Bentuk komitmen tersebut antara lain menurut Bambang adalah variasi layanan bagi penggembira seperti layanan akomodasi di amal usaha Muhammadiyah ‘Aisyiyah maupun masjid milik persyarikatan di Solo Raya yang siap menjadi tempat transit dan menginap. Selain itu, disediakan juga informasi layanan hotel, transportasi, lokasi wisata, dan kuliner. 

“Kami optimal melayani dan berikhtiar menjalankan pesan dari Pak Ketua Umum untuk datang sehat dan pulang sehat sehingga tentu nanti protokol kesehatan tetap juga dipatuhi,” ujar Bambang.

Bambang juga bersyukur karena gelaran Muktamar 48 ini mendapat dukungan dari berbagai pemerintahan seperti Kota Solo juga Karanganyar yang memberikan beberapa layanan bagi penggembira. 

“Bupati Karanganyar menggratiskan masuk obyek wisata yang dikelola pemerintah Kabupaten Karanganyar juga menyediakan 20 bus gratis untuk berkeliling di Karanganyar kemudian untuk menggembirakan penggembira, pemerintah Kota Solo akan mengadakan pertunjukan budaya di sudut-sudut kota,” ujarnya.

Baca juga: Duet Mahasiswa Doktoral Paska Sarjana ISI Surakarta Rayakan Pengakuan Gamelan oleh UNESCO Lewat Pantomim dan Desain Poster

Pembukaan Muktamar

Untuk gelaran Muktamar ini, Bambang menjelaskan bahwa pembukaan akan dilaksanakan di Stadion Manahan. Pusat Persidangan akan dilaksanakan di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk Muktamar Muhammadiyah dan untuk ‘Aisyiyah di GOR UMS yang sudah direhab. Selain itu, Colomadu akan menjadi pusat para penggembira Muktamar.

Terkait kehadiran para penggembira di Stadion Manahan, Bambang menyampaikan hanya sekitar 11-12 ribu penggembira yang dapat memasuki Stadion Manahan. Oleh karena itu, panitia akan memberikan tanda masuk Stadion Manahan bagi perwakilan penggembira yang rombongannya sudah melakukan pendaftaran secara resmi ke pihak panitia. 

Cara Pendaftaran 

Reynal Falah selaku Koordinator Penggembira Muktamar 48 Muhammadiyah menyampaikan antusiasme warga persyarikatan untuk hadir semakin membesar. Hingga saat ini, Reynal menyebutkan bahwa secara resmi sudah hampir 100 ribu penggembira yang mendaftar melalui koordinatornya masing-masing. 

Lantas, bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai penggembira resmi ? Reynal mempersilakan untuk koordinator penggembira dapat mendaftar melalui nomor whatsapp 08164261271 atau 0817447227. Kemudian panitia akan mengirimkan link pendaftaram resmi. 

“Dari rombongan penggembira silakan ditunjuk satu orang sebagai koordinator untuk mendaftar, yang diperlukan surat mandat dari pimpinan persyarikatan masing-masing, atau amal usaha, atau ortom. Kemudian menyiapkan data yakni alamat, nomor telepon, dan data NIK. NIK ini tidak akan bocor tetapi akan kami kirimkan ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai big data muhammadiyah,” terang Falah.

Ia menambahkan bagi penggembira yang datang sendiri juga diperbolehkan untuk mendaftar dan dengan tetap berkoodinasi kepada pimpinan setempat dan mendapatkan surat keterangan dari pimpinan Muhammadiyah atau ‘Aisyiyah setempat. 

Fasilitas yang didapat peserta yang telah mendaftar adalah nomor pendaftar akan dimasukkan dalam grup whatsapp koordinator penggembira Muktamar 48. Peserta akan mendapatkan layanan informasi mengenai penginapan, shuttle, tanda pengenal resmi dan layanan paket wisata yang dikelola oleh panitia. Selain itu, panitia akan memberikan akses bagi penggembira tersebut untuk dapat memasuki aplikasi layanan penggembira

Reynal menjelaskan bahwa penggembira yang terdaftar akan diploting untuk pembagian tempat menginap dan transit. Panitia sedang berkoordinasi dengan Penginapan Haji di Donohudan untuk menyediakan penginapan yang berbayar, tetapi dengan harga terjangkau. Panitia juga telah berkoordinasi dengan 30 hotel di Solo Raya untuk menyediakan tempat menginap dengan harga yang wajar bagi penggembira Muktamar 48. 

“Ada sekitar 30 hotel yang sudah MOU dengan kami, mulai dari kelas melati sampai bintang 4,” terang Reynal. 

Kemudahan selanjutnya bagi penggembira adalah adanya layanan shuttle di beberapa titik tertentu untuk memudahkan mobilitas para penggembira. Selain itu, dari sisi transportasi menuju Solo, panitia juga bekerjasama dengan Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) yang bisa menyediakan sarana transportasi baik pesawat, kereta, dan bus menuju Kota Solo dengan harga yang standar. 

“Silakan bagi para penggembira di luar Kota Solo ingin datang dan menggunakan transportasi umum bisa menghubungi 08155093926 call center JWM (Jaringan Wisata Muhammadiyah) untuk kemudahan fasilitas harga transportasi yang harganya standar," jelasnya. (Sofyan)


Baca juga: Gubernur Ganjar Pranowo di PKKMB Univet Bantara 2022, Mahasiswa Harus Punya Integritas dan Update Teknologi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top