Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unisri Gelar Lokakarya PKKM Case-Method

Print Friendly and PDF

Acara Lokakarya Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang bertajuk Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Kasus (Case-Method) diselenggarakan prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unisri Surakarta.


Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unisri Gelar Lokakarya PKKM Case-Method

Solo- majalahlarise.com -Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Slamet Riyadi Surakarta menggelar acara Lokakarya Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang bertajuk Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Kasus (Case-Method). Selasa-Rabu, 13-14 September 2022.

Acara dilaksanakan selama dua sesi di Hotel  Swiss Bell-in Saripetojo.  Surakarta dan dihadiri oleh  35 peserta yang terdiri dari  dosen PBI,  dosen DTPS rekan mitra dan mahasiswa semester 3,5 dan 7. 

Workshop yang diselengarakan dua hari ini menghadirkan dua narasumber hebat yang sangat inspiratif diantaranya Dr. Tri Murwaningsih, M.Pd dari Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS dan Prof. Dr. Endang Fauziati, M.Hum yang merupakan tak lain tak bukan ialah Guru Besar Applied Linguistics. Keduanya merupakan  berpengalaman di bidangnya masing-masing. 

Metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dengan menerapkan RPS sistem belajar aktif  kepada mahasiswa dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan dalam pembelajaran di  kelas merupakan penentu keberhasilan suatu pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidangnya.

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Juara Umum MAPSI 2022

Pada hari pertama acara diawali dengan penandatangan MoU antara Pendidikan bahasa Inggris Unisri dengan Mitra yaitu SMP Bina Widya dan Kak Seto. Penandatangan M.u kerjasama ini dihadiri langsung oleh Kerua yayasan, Rektor maupun Dekan dan pejabat mitra.

Pada sambutanya Rektor Unisri menyatakan bahwa Unisri sangat berbangga dengan diraihnya hibah PPKM yang akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesaui dengan arah serta kebijakan pemerintah. 

Acara yang diketuai oleh Sri Handayani, berjalan dengan lancar. Dia menyatakan bahwa luaran dari kegiatan ini berupa RPS ( Rencana Pembelajaran Semester) yang berbasis metode yang dianjurkan oleh pemerintah dalam program MBKM yang sesuai dengan  dipenuhi KU yaitu pembelajaran pemecahan masalah, Teams Based Project dan Problem based learning.  Dimana RPS ini nanti akan di diimplementasikan dalam proses pembelajaran pada masing-masing mata kuliah. 

Pada sambutanya, Ketua yayasan  menyatakan bahwa bahasa Inggris harus Lestarikan Bahasa Jawa, Gunakan Bahasa Indonesai, Kuasai bahasa Inggris. 

Dekan dan Wakil Dekan FKIP juga menyatakan bahwa metode pembelajaran harus selalu up to date menyesuaikan dengan perkembangan di dunia pendidikan. 

Lebih spesifik Ketua Program studi Pendidikan Bahasa Inggris menyatakan bahwa hibah dilakukan dalam rangka mencapai  Indikator Kinerja Utama yang ada di dalam program studi. (Sofyan)


Baca juga: Perbarindo Jateng Gelar Workshop Digital Marketing BPR


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top