Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Lakukan Monitoring Tim Riset RISPRO LPDP Tahun 2022 Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Tim monitoring Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI melakukan Monitoring terhadap kegiatan Riset yang dilaksanakan oleh Tim Peneliti Rispro LPDP Univet Bantara Sukoharjo melalui daring.

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Lakukan Monitoring Tim Riset RISPRO LPDP Tahun 2022 Univet Bantara Sukoharjo 

Sukoharjo- majalahlarise.com - Tim monitoring Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI melakukan Monitoring terhadap kegiatan Riset yang dilaksanakan oleh Tim Peneliti Rispro LPDP Univet Bantara Sukoharjo pada hari Selasa, 26 Juli 2022 melalui daring. Tim monitoring terdiri dari Prof. Dr. Amirul Mukminin (Reviewer), Asri Mustafa (Analyst) dan Purwana (Kepala Devisi Pendanaan Riset) 

Sedangkan Tim riset dari Univet Bantara Sukoharjo, terdiri Ketua Dr. Herry Agus Susanto, beserta anggotanya Dr. Meidawati Suswandari, Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum, Dr. Sri Mulyati, Suyamto, S.Pd. Dari Mitra Drs. Darno, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo), Lilis Suryani, M.Pd (Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo) dan Sri Hadiyatmini, M.Pd (tim riset dari mitra), didampingi oleh Dr. Djatmiko Hidajat, M.Pd (Ketua LPPM Univet Bantara Sukoharjo).

Selain tim riset, juga hadir Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP (reviewer internal), serta peserta guru Suratmi, S.Pd (guru TK/PAUD Pondok 01), Santoso, S.Pd (guru SD Begajah 04) dan Utami Murwaningsih, M.Pd (guru SMP Negeri 2 Sukoharjo)

Baca juga: Tingkatkan Pemahaman Murid dengan Kartu Perkalian Bergambar

Pada saat monitoring, Dr. Herry Agus Susanto, sebagai ketua memaparkan ketercapaian indikator kinerja riset (sebagai luaran), kebermaknaan riset, keterlibatan mitra dan pemanfaatan dana riset. Ketercapaian indikator kinerja riset (IKR) ada 4 macam, yaitu : (1) Kebijakan Implementasi Lesson Study, (2) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) (3) Artikel Jurnal Nasional, dan (4) artikel diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi. Persentase ketercapaian IKR masing-masing: Kebijakan Implementasi Lesson Study (100%), HKI (100%), (3) Artikel Jurnal Nasional (100%), dan artikel diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi (100%). Pendanaan sampai pada saat monitoring dlaksanaan mencapai 89,6%. Kebermaknaan riset meliputi meningkatnya kompetensi guru melalui implementasi LS. 

"Keterlibatan mitra dalam riset yang meliputi pendanaan secara cash maupun in-kind. Keterlibatan lain dari mitra adalah mengkoordinasikan, menyediakan sarana prasarana, membantu pembiayaan, serta mendampingi dan memonitor selama kegiatan riset," terang Dr. Herry Agus Susanto. 

Dari Mitra, Drs. Darno, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo) didampingi oleh Lilis Suryani (Pengawas) serta Sri Hadiyatmini, M.Pd (tim riset dari mitra) juga menyampaikan paparanya yang meliputi kontribusi terhadap riset, manfaat dan kebermaknaan riset, serta harapan dari riset. 

Harapan Drs. Darno, M.Pd yang juga diamini oleh Lilis Suryani (Pengawas), meliputi : (1) Setelah terealisasi pedoman LS, dapat dikembangkan dan diimplementasikan di Sekolah secara lebih luas, (2) Hasil riset, menjadi salah satu acuan untuk meningkatkan kompetensi guru di Sukoharjo, dan (3) Dapat diteruskan untuk pendanaan tahun berikutnya agar terjadi kesinambungan kegiatan Lesson Study pada jangkauan yang lebih luas, meliputi PAUD/TK, SD dan SMP lainya.

Berdasarkan monitoring secara daring, Reviewer dari LPDP, Prof. Amirul Mukminin, menyampaikan hasil luaran kegiatan riset sebagai berikut: (1) 4 Luaran yang dijanjikan, semuanya sudah terpenuhi mencapai 100%, seperti yang dijanjikan oleh tim riset. Selain luaran tersebut, masih ada luaran lain yaitu prosiding seminar nasional yang dilaksanakan di UM Purworejo topik Lesson Study dan juga satu artikel sedang berproses review pada junal terakreditasi Sinta-3 Didaktika Tauhidin Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (2) Meskipun indikator kinerja riset telah dicapai sepenuhnya, namun masih ada beberapa hal yang disarankan meliputi (a) perbaikan lay out sampul buku pedoman Lesson Study, (b) Data riset yang diperoleh dapat digunakan untuk penyusunan artikel pada jurnal nasional maupun internasional. Tim reviewer juga menyampaikan apresiasi kinerja tim bersama mitra. 

Pada saat monitoring, Dr. Djatmiko Hidajat, M.Pd Ketua LPPM Univet Bantara Sukoharjo, menyampaikan bahwa Riset yang dilakukan olem Tim Rispro LPDP yang diketuai oleh Dr. Herry Agus Susanto, merupakan riset kebanggaan LPPM, karena merupakan satu-satunya riset dan yang pertama dilakukan oleh dosen di Univet Bantara Sukoharjo. Selain itu, juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Monitoring LPDP, agar kegiatan riset ini menjadi lebih baik, dan memotivasi dosen lain untuk melakukan kegiatan penelitian. (Sofyan) 


Baca juga: KKN UNISRI Kelompok 34 Desa Tuban Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Botol Bekas Untuk Membuat Celengan Kreatif


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top