Fasilitasi Media Pembelajaran Untuk Dosen dan Ditendik Oleh PTP ISI Surakarta

Print Friendly and PDF

Tenaga  fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran ISI Surakarta mengikuti kegiatan “Fasilitasi peningkatan kompetensi dalam Media dan Desain dengan pemanfaatan aplikasi Canva”.  

Fasilitasi Media Pembelajaran Untuk Dosen dan Ditendik Oleh PTP ISI Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Di era 4.0 saat ini kita dituntut untuk melek teknologi terkait berbagai hal dari masalah kecil yang terkait  kegiatan sehari hari sampai dengan hal-hal besar menyangkut pekerjaan kita tidak luput dari penggunaan  Media. Hadirnya telepon celulair berbasis android memaksa kita untuk  mempelajari teknologi komunikasi, serta beragam tool yang  harus kita kuasai  program agar kita dapat menggunakanya. Dengan penguasaan teknologi otomatis kita dimudahkan dalam berbagai hal, dan akan menolong setiap pekerjaan  yang akan kita lakukan. 

Dalam rangka tersebut, tenaga  fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran ISI Surakarta mengadakan kegiatan “Fasilitasi peningkatan kompetensi dalam Media dan Desain dengan pemanfaatan aplikasi Canva”.  Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jumat  tanggal 5, 12,19, 26  Agustus 2022, dari  pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WB bertempat di Kopi Paseban, Jalan Petir, Kentingan Jebres Surakarta. 

Kegiatan  Fasilitasi pembelajaran ini di inisiasi P3AI bersama dengan tenaga fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) sebagai upaya mendukung peningkatan proses belajar mengajar bagi dosen dalam hal  penguasaan dan peningkatan media pembelajaran melalui berbagai aplikasi diantaranya yang sudah diberikan pelatihan yaitu aplikasi CANVA, dan  aplikasi lain yang akan menunjang PBM seperti KINE MASTER,  TRELLO,  JUMBBOARD  dan aplikasi lain yang akan diberikan secara bertahap.   

Baca juga: Rektor Unisri Kukuhkan Prof. Sutoyo Jadi Guru Besar Pertama Lahir Dari Unisri

Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 21 orang  pengajar dan tenaga kependidikan berlangsung  sangat  cair  dan penuh semangat, hal ini ditunjukkan dengan perhatian para peserta baik dosen maupun tenaga kependidikan dalam  memahami tahab demi tahapan yang diberikan oleh fasilitator dalam kesempatan ini  diberikan materi rambu-rambu  pembuatan media oleh Esha Karwinarno, penjelasan tentang Hyper media oleh Iwan Sulistyo, serta  pembelajaran aplikasi Canva  disampaikan oleh Heru Santoso sebagai PTP Madya didampingi  oleh 2 PTP Muda, yaitu Iwan Sulistyo dan Esha Karwinarno. 

Sedikit kendala  terjadi dalam  pembelajaran  terkait  jaringan internet yang kurang memadahi di lingkungan  Paseban dikarenakan semua peserta mengakses internet  sehingga  terjadi  beberapa kali macet,  sehingga pembelajaran di Jum’at  mendatang akan dipindahkan ke  Ruang Seminar ISI Surakarta. 

Dalam proses pembelajaran aplikasi  Canva  para peserta  terlihat sangat senang mempelajari,  bahkan beberapa  peserta dari tenaga kependidikan sudah mampu membuat desain sederhana yang sangat menarik hasilnya, walaupun  tidak bisa dipungkiri  dari beberapa dosen senior memerlukan pendampingan khusus dalam penguasaan  aplikasi ini sebagai Media membuat presentasi atau lainya. Untuk lebih memberikan hasil yang maksimal  para tenaga fungsional PTP bersedia untuk dimintai konsultasi terkait pembuatan media  kapan saja  dimana  saja. 

Untuk rencana pembelajaran di bulan  September nanti, Pengembang Teknologi Pembelajaran akan memberikan pelatihan editing film menggunakan aplikasi KINE MASTER. (Sofyan) 


Baca juga: Penerapan Gaya Hidup Sehat Ibu-Ibu PKK oleh Mahasiswa KKN Unisri




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top