Tim PPK Ormawa Eureka Univet Bantara Ikuti Penilaian Proposal Seleksi Presentasi PPK Ormawa Ditjen Belmawa Kemendikbud Ristek Dikti 2022

Print Friendly and PDF

 

Ketua Tim PPK Ormawa Eureka saat mempresentasikan proposal secara daring melalui zoom meeting.

Tim PPK Ormawa Eureka Univet Bantara Ikuti Penilaian Proposal Seleksi Presentasi PPK Ormawa Ditjen Belmawa Kemendikbud Ristek Dikti 2022

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim PPK Ormawa Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengikuti Penilaian Proposal Seleksi Presentasi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) 2022 yang diselenggarakan Ditjen Belmawa Kemendikbud Ristek Dikti dengan judul proposal "Pengembangan Desa Potensial Menjadi Desa Swadaya Swakarya dan Swasembada dengan Inovasi Pojok Literasi Guna Meningkatkan Potensi Desa Tiyaran", secara daring melalui zoom meeting. Rabu (8/6/2022).

Dosen Pendamping Proposal PPK Ormawa, Ainur Komariah, ST, M.Sc. saat ditemui majalahlarise.com di sela-sela kegiatan menyampaikan pada saat pengajuan ada empat proposal. Salah satu proposal lolos dari PPK Ormawa Eureka yang mengangkat tema wisata di Desa Tiyaran Bulu Sukoharjo yaitu wisata Gunung Sepikul dan Watugiring.

"Ini programnya berupa program Desa cerdas. Kita mengkolaborasikan potensi yang ada di setiap Dusun di Desa Tiyaran. Ada empat Dusun tiap Dusun punya potensi masing-masing. Kita punya road map untuk mensinergikan potensi menjadi Desa swasembada, swakarya dan swadaya dalam hal pariwisata," terangnya.

Tim PPK Ormawa Eureka bersama dosen pendamping proposal PPK Ormawa Univet Bantara saat mengikuti presentasi proposal.

Baca juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unisri Kuliah Bersama Praktisi Radio

Lebih lanjut dikatakan, tim PPK Ormawa memproyeksikan pembuatan souvenir bisa disediakan oleh masyarakat sendiri dari sektor UMKM yang didukung pengelolaannya dari tim PPK Ormawa. Selain itu, pengelolaan melibatkan sumber daya manusia yang ada di desa tersebut dari para pemuda yang tidak merantau.

"Untuk menuju proposal, kita sudah berkoordinasi dengan pihak pemerintah Desa. Katanya mau ada investor yang mau mengembangkan tentu saja dari pihak Desa sumber daya manusia mendukung bersama supaya jadi objek wisata yang bagus dan menjadi tujuan wisata banyak orang di Indonesia," ungkapnya.

Ditambahkan, dalam proposal juga dijelaskan outputnya yaitu berupa penguatan literasi di tiap Dusun. Ada tiga road map terbagi tiga tahun. Tahun pertama penguatan literasi untuk tiap Dusun, tahun kedua sinergi dari tiap Dusun dan tahun ketiga tercipta Desa swasembada, swakarya dan swadaya pariwisata.

"Hanya tiga perguruan tinggi di Solo Raya yang lolos pengajuan proposalnya salah satunya dari Univet Bantara Sukoharjo. Dari proposal PPK Ormawa yang diterima ini menariknya berbeda dengan Ormawa lainnya. Kalau lainnya berbasis program studi. Ini lintas program studi ada dari Ilmu Komunikasi, PPKn, Manajemen, PGSD, Teknik Industri, Agribisnis, Pertanian, THP kolaborasi yang bagus dari program studi sehingga bisa membawa nama Univet Bantara lebih bergema di luar," jelasnya.

Disinggung mengenai pendanaan yang diperoleh dari PKK Ormawa ini, Ainur Komariah mengaku jika disetujui Ditjen Belmawa memperoleh pendanaan sebesar 40 juta rupiah dan 4 juta rupiah dari Perguruan tinggi.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Univet Bantara, Hamda Kharisma Putra, S.Pd., M.Pd mengatakan dari pengajuan empat proposal dalam waktu singkat yang lolos satu proposal. Untuk lolos sampai didanai perlu ada proses seleksi akhir yaitu presentasi dari PPK Ormawa hari ini. Sedangkan presentasi dari Perguruan Tinggi sudah dilaksanakan kemarin.

Dari perguruan tinggi sudah mendukung untuk pendampingan mulai dari pendampingan pembuatan proposal sampai survei ke lokasi tempat pengabdian masyarakat PPK Ormawa. Untuk dana pendampingan dari Perguruan Tinggi sebesar 4 juta rupiah.

"Harapannya agar nanti untuk tim yang lolos bisa didanai. Sehingga bisa menjadi motivasi untuk Ormawa yang lain. Tentunya akan membawa dampak dari program studi yang mengikuti kegiatan PPK Ormawa karena satu Ormawa terdiri dari banyak program studi bisa dimanfaatkan untuk prestasi maupun akreditasi," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Aksi Grebeg Sampah SMP Negeri 8 Surakarta Dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top