Asyiknya Memasak Bersama di Persami Gudep SD Negeri 2 Pagutan Manyaran

Print Friendly and PDF

Anggota Pramuka putra saat memasak Omelet.

Asyiknya Memasak Bersama di Persami Gudep SD Negeri 2 Pagutan Manyaran

Wonogiri- majalahlarise.com -Memasak bersama merupakan salah satu kegiatan perkemahan Pramuka. Apalagi kegiatan memasak ini baru pertama kali dilakukan. Hal inilah yang dialami para anggota Pramuka Penggalang Gugus Depan SD Negeri 2 Pagutan Manyaran Wonogiri dalam acara Persami. Sabtu-Minggu, (18-19/6/2022) di sekolah.

Para anggota Pramuka ini sangat senang dan antusias memasak Omelet yang terbuat dari mie instan, telur, dan sosis. Kegiatan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi mereka yaitu melatih kemandirian, kekompakkan serta kerjasama antar anggota Pramuka.

Kepala SD Negeri 2 Pagutan, Sri Utami, S.Pd saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan perkemahan Persami baru pertama kali dilaksanakan sejak adanya pandemi Covid-19. Kegiatan perkemahan ini sebagai salah wujud dari pembentukan karakter siswa dan mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yaitu membentuk profil pelajar Pancasila.

Anggota Pramuka putri saat memasak Omelet.

Baca juga: Fatipa Unisri Tandatangani MoU dengan LPK Serbaindo dan Sosialisasi Magang ke Jepang

"Profil pelajar Pancasila ada enam point itu banyak kita tanamkan dari kegiatan Kepramukaan. Ada akhlak mulia, kemandirian, gotong-royong, kreatif di Kepramukaan sangat mendukung sekali," terangnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan Persami ini anak-anak akan terbentuk sikap dan karakternya menuju ke profil pelajar Pancasila.

Prosesi upacara pembukaan Persami SD Negeri 2 Pagutan Manyaran.

Sementara itu, Pembina Pramuka SD Negeri 2 Pagutan, M. Sholeh mengatakan upacara pembukaan Persami dilaksanakan di dalam kelas dikarenakan halaman sekolah becek setelah diguyur hujan. Selain itu tujuan dari Persami menanamkan karakter moral maupun keagamaan dan mengajarkan sikap sopan satun maupun menghormati kepada orang tua.

"Dalam Persami ini saya utamakan dalam moral, keagamaan, ada sholat berjamaah tepat waktu, mandiri dalam melaksanakan mencuci, menyiapkan makanan, dan adab-adab atau cara anak menghormati yang lebih tua agar anak-anak bisa sopan santun kepada orang tua," ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: Fatipa Unisri Tandatangani MoU dengan LPK Serbaindo dan Sosialisasi Magang ke Jepang



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top