Pelantikan Pleton Inti Pramuka dan Sertijab Dewan Galang SMPN 8 Surakarta

Print Friendly and PDF

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd selaku Kamabigus melantik pleton inti Pramuka.

Pelantikan Pleton Inti Pramuka dan Sertijab Dewan Galang SMPN 8 Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd selaku Kamabigus melantik pleton inti Pramuka angkatan masa bakti 2022/2023 dan serah terima jabatan masa bakti 2021/2022 kepada masa bakti 2022/2023. Jum’at (1/4/2022) pada pukul 10.30 WIB – selesai bertempat di halaman sekolah

Dewan Penggalang dan Peleton Inti (Tonti) Pramuka Gugus Depan 04.1099 / 04.100. Pangkalan SMP Negeri 8 Surakarta Kwartir Ranting Jebres Surakarta  dengan peserta sejumlah 19 anggota Dewan Penggalang dan 32 anggota Peleton Inti telah dilantik. 

Pelantikan dihadiri Kamabigus Triad Suparman, M.Pd, Pembina Pramuka  Christina Endah Setyowati, S.Pd, Siti Martabatul Aliyah, S.Pd, Rori Khoirudin  S.Pd,  Agus Sriwiyono S.Pd., Wiwin Andriyanto A., S.Pd., dan Herviyanti Chandra Prahesti, S.Pd.

SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin  Triad Suparman  M. Pd, termasuk kategori Pramuka Penggalang, karena siswanya usia sekitar 11 – 15 tahun.  Kriteria yang digunakan dalam pemilihan ini antara lain keaktifan membina, rajin, tanggung jawab, kreatif dan percaya diri. Dewan Penggalang adalah anak-anak yang mengabdikan diri kepada Pembina dalam kegiatan kepramukaan. Dewan Penggalang ini untuk kelas VIII ( delapan ). Sedangkan untuk Pleton Inti (Tonti) khusus kelas VII (tujuh) adalah anak-anak yang mengabdikan diri dalam kegiatan Pramuka untuk menggantikan Dewan Penggalang.

Baca juga: Sambut Ramadan 1443 H, Siswa SMP Muhammadiyah PK Solo Bagikan Paket Sahur

Dalam sambutannya, Triad Suparman, M.Pd. mengucapkan selamat atas dilantiknya Dewan Penggalang juga menyampaikan agar semangat dalam pengabdian, berkarya sekuat tenaga. Harapannya semoga di masa yang akan datang lebih ditingkatkan dari segala macam ekspresi, penuh dengan kreasi inovasi.

Dalam mengikuti Pramuka jangan merasa terpaksa, tetapi ikutilah dengan gembira dan selalu mengasah ketrampilan. Materi yang ada harus dikuasai yaitu menyangkut teori dan praktek misalnya sandi morse, semaphore, tali temali. Anggota Pramuka harus mempunyai jiwa mandiri. Menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari, khususnya hemat, cermat dan bersahaja.

Kamabigus Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. melaksanakan tugas penandatanganan berita acara serah terima jabatan Dewan  Penggalang periode 2021/2022 kepada Dewan Penggalang periode 2022/2023. Kegiatan Pramuka SMP Negeri 8 Surakarta yang dijadikan ekstrakurikuler di setiap hari Jum’at merupakan kegiatan yang dapat membantu membentuk karakteristik anak menjadi pribadi yang lebih berani, tangguh dan bertanggung jawab.

Dewan Galang dan Pleton Inti dalam pelantikan, sanggup untuk berlatih belajar berbakti kepada bangsa dan negara, di dalam melatih dan membina watak / pribadi, kedudukan sebagai calon pengabdi masyarakat sanggup melaksanakan hal itu secara adil, serasi, seimbang antara hak dan kewajiban. Selain itu, bersedia ikut membangun masyarakat, butuh keuletan, ketekunan dan kejujuran, disiplin dan tanggung jawab, bahkan pengorbanan.

Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta menyampaikan Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka sesuai visi sekolah bahwa Peserta Pramuka memiliki kepribadian yang berprestasi, berbudaya, berwawasan lingkungan, berdasarkan iman dan taqwa. Semangat untuk Depanska Jaya! (Sofyan)


Baca juga: Implementasi Merdeka Belajar dengan Problem Based Learning di SD Muhammadiyah PK Kottabarat



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top