Pembukaan Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok FIB UNS

Print Friendly and PDF

Prosesi pembukaan Program Studi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok FIB UNS Surakarta.

Pembukaan Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok FIB UNS

Solo- majalahlarise.com -Pembukaan Program Studi (Prodi) S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok  Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret berlangsung pada Selasa (22/3/2022). Pembukaan Prodi ini dilakukan secara luring dan daring di Ruang Seminar Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS. 

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Ahmad Yunus mewakili Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan selamat atas dibukanya Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok. Pendirian Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini sejalan dengan visi UNS dan FIB, serta prioritas program Renstra UNS 2020-2024, yaitu mendukung PTNBH dalam rangka pencapaian reputasi internasional. Dengan visi menjadi Prodi yang maju dan unggul di tingkat internasional dalam pengembangan Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok yang berlandaskan Budaya Nasional pada tahun 2030.

"Dalam hal ini, kami melihat keseriusan yang dilakukan oleh FIB dalam upaya pendiriannya. Ini bukan pekerjaan yang mudah, perlu waktu lama, kerja sama tim, dan ketelatenan dalam pengerjaannya. Dan tentu saja kami sangat mengapresiasi hasil kerja tuntas, dan capaian ini," terang Prof. Yunus. 

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Sukses Gelar Festival Numerasi

Sementara itu, Rektor Xihua University, Prof. LIU Shugen  sangat mengapresiasi pendirian Prodi ini.  "Hadirnya Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok ini merupakan buah dari kerja sama kita. Semoga kedepan kerja sama semakin erat," terang Prof. LIU Shugen. Dengan harapan semoga kedepan makin banyak mahasiswa maupun dosen UNS yang melakukan studi lanjut maupun petukaran mahasiswa ke Xihua University. 

Dalam sambutannya Prof. Dr. Warto, M.Hum menuturkan,”UNS terus membangun sinergi dan berkolaborasi dengan stakeholder, baik dengan pemerintah, industri,pendidikan dan kebudayaan serta perguruan tinggi, baik dalam negeri dan luar negeri secara konsisten dengan menerapkan prinsip prinsip kesetaraan kemitraan dan saling percaya. Semoga dengan berdiri, dan di kumandangkannya Prodi ini akan menuai manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat, serta menjadi angin segar dalam memacu pengembangan Bahasa, Sastra dan Budaya Tiongkok (Sinologi) di Indonesia, bahkan kancah dunia," ujarnya. 

Ucapan terima kasih dari jajaran Fakultas Ilmu Budaya yang diwakili oleh Dekan FIB kepada Universitas Sebelas Maret, pihak Universitas Xinhua dan Konsulat RRT Surabaya yang telah mendukung berdirinya Prodi S-1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok. (Sofyan)


Baca juga: Pendiri dan Sesepuh Univet Bantara H. Soeroso BA, Teruskan Cita-Cita Pendiri Membangun Nusantara


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top