Disdikpora Kabupaten Jepara Sambut Penyerahan Program Kampus Mengajar Angkatan III Tahun 2022

Print Friendly and PDF

Penyerahan secara simbolis luring dan daring diwakili oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan mahasiswa yang datang ke Disdikpora (Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga) Kab. Jepara.

Disdikpora Kabupaten Jepara Sambut Penyerahan Program Kampus Mengajar Angkatan III Tahun 2022

Jepara- majalahlarise.com -Program Kampus Mengajar refleksi dari MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) bagian dari program yang di amanatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, sudah berjalan dengan baik sampai dengan Kampus Mengajar Angkatan 3 ini. 

Beberapa wilayah yang menjadi tempat kegiatan mahasiswa program KM 3 di Indonesia pada dinas sekolah tingkat dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah pertama (SMP) menjadi tempat atau lokasi kegiatan. 

Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 (tiga) wilayah Kab. Jepara telah dilakukan penyerahan secara simbolis luring dan daring diwakili oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan mahasiswa yang datang ke Disdikpora (Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga) Kab. Jepara pada tanggal 25 Februari 2022. 

Sambutan cukup hangat diwakili oleh Ali Hidayat, S.Pd., MM selaku Sekretaris Disdikpora Kabupaten Jepara dan didampingi Edy Utoyo, selaku Kasie SD. 

Lokasi KM 3 wilayah Kabupaten  Jepara ada 13 sekolahan, yang meliputi Sekolah Dasar sejumlah 8 sekolah dan SMP sejumlah 5 sekolah dengan diiktuti 56 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Propinsi Jawa Tengah. 

Penyerahan ke Disdikpora Kabupaten Jepara secara simbolis diwakili oleh beberapa DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dari ISI Surakarta, UMP (Universitas Muhammadiyah Purworejo) dan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) secara luring. Khusus DPL dari ISI Surakarta yaitu sejumlah 3 (tiga) orang yaitu Indarto, M.Sn, Dr. Handriyotopo, M.Sn, dan Hartanto, M.Sn. 

Dalam sambutannya, Indarto, M.Sn sekaligus sebagai wakil DPL yang ditunjuk untuk mewakili saat penyerahan memberikan arahan saat penyerahan agar para mahasiswa dapat belajar dan menerapkan ilmunya untuk berkolaborasi dengan guru dimana lokasinya itu dengan baik, sesuai arahan dalam panduan. 

Sedangkan sambutan dari Disdikpora yang diwakili oleh SekDinas menyatakan, bahwa agar kegiatan ini dapat dengan sebaik-baiknya dimanfaatkan mahasiswa yang telah lolos penyaringan KM 3 adalah mahasiswa pilihan, yang harapannya mampu menimba ilmu dan menerapkan pengetahuannya secara kreatif. 

Lebih lanjut Ali Hidaya bahwa perlu ditekankan hal ini tentu juga demi kemajuan pendidikan dan menyiapkan generasi yang unggul bagi bangsa, terutama di Jepara dengan semangat visi dan misinya yaitu Memperkuat Potensi Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas, Religius Dan Berbudaya. 

Sementara itu di berapa lokasi sudah diserahkan ke lokasi masing-masing sekolah oleh DPL, seperti di SD Karimunjawa yang mesti menyeberang ke pulau Utara Jepara sudah juga diserahkan secara simbolis oleh DPL-nya masing masing sesuai alokasi waktu. 

Kegiatan Kampus Mengajar 3 ini dilakukan selama 5 (lima) bulan, yang dimulai dari  bulan Februari -Juli 2022, sesuai dengan surat tugas dari Kemendikbudristek. 

Indarto, M.Sn sebagai wakil DPL dalam rilisnya menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat positif baik kepada siswa di sekolah maupun kepada mahasiswa yang terlibat dalam Kampus Mengajar Angkatan 3 tahun 2022. (Sofyan)


Baca juga: KSPPS Kossuma Cita Mandiri Sukoharjo Tetap Eksis di Era Pandemi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top