FKIP Unisri Gelar Webinar Guest Lecture

Print Friendly and PDF

Tampilan layar kegiatan webinar Guest Lectur FKIP Unisri secara daring.

FKIP Unisri Gelar Webinar Guest Lecture 

Solo- majalahlarise.com -Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Webinar Guest Lecture yang merupakan kolaborasi dari Prodi Bimbingan dan Konseling, Prodi Pendidikan Kewarganegaraan, Prodi Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, dan Prodi Teknologi Informasi, bertempat di studio mini, melalui zoom dan youtube. Sabtu (29/1/2022). 

Menurut ketua pelaksana, Ratna Widyaningrum, S.Pd., M.Pd., melaporkan bahwa tujuan webinar guest lecture ini untuk menambah wawasan dan keilmuan SDM baik dosen maupun mahasiswa, dengan mengambil tema “Post Pandemic Learning Management: Theory and Practice” dengan menghadirkan narasumner antara lain Asisstant Prof. Niwat Srisawasdi, Ph. D. dari Khon Kaen University dan Dr. Oktiana Handini, S.Pd., M.Pd. dari Prodi PGSD FKIP UNISRI. 

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 800 peserta yang terdiri dari mahasiswa FKIP UNISRI, Mahasiswa Universitas Muria Kudus, dan mahasiswa pasca sarjana Khon Kaen University, dan peserta umum. 

Lebih lanjut Ratna menjelaskan webinar ini dibagi dalam dua sesi, sesi pertama dipandu oleh moderator, Dr. Sumardiono, S.S., M.Hum dengan pembicara I Asisstant Prof. Niwat Srisawasdi, Ph. D memaparkan  implementasi program pelatihan pengembangan guru profesional untuk meningkatkan TPACK dalam pembelajaran STEM. Selain itu juga menambahkan terkait dengan manajemen pembelajaran pasca pandemi yang dilakukan oleh guru dan dosen di negara Thailand.

Di sesi kedua webinar dikemas secara Talkshow dengan dipandu moderator Imro’atul Ma’fiyah, S.Pd., M.Pd. dengan pembicara kedua Dr. Oktiana Handini, S.Pd., M.Pd yang membahas tentang model pembelajaran yang tepat yang dapat diterapkan pasca pandemic yaitu self determine learning yang difokuskan pada motivasi diri pembelajar. Model kedua yaitu hybrid learning yang dapat dijadikan alternatif pembelajaran tatap muka yang dikombinasikan dengan pembelajaran daring. 

Dekan FKIP UNISRI, Dra. Sri Hartini, M.Pd menyampaikan terkait pentingnya kolaborasi dan kerja sama antar universitas melalui acara ini, beliau berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja.

Acara dibuka oleh Rektor UNISRI, Prof. Dr. Ir. Sutardi, M.App.Sc, menyampaikan bahwa Kegiatan webinar internasional ini membuktikan bahwa UNISRI eksis di kancah internasional, terutama di ASEAN. 

Ferisa Prasetyaning Utami, S.Pd., M.Pd., mewakili Ulupi Sitoresmi, S.S. M.Hum., dan Luqman Al Hakim, S.Pd., M.Pd sebagai juri untuk mengumumkan pemenang lomba opini yang merupakan rangkaian kegiatan webinar guest lecture ini. Juara pertama dimenangkan oleh Prilina Widya Puspita Weni dari Prodi PG-PAUD UNISRI, juara kedua Salma Bestarai dari Prodi PGSD UNISRI, dan juara ketiga yaitu Jonathan Christian Hardianto dari STT Warga. (Sofyan)


Baca juga: Gedung Lima Lantai Fakultas Ekonomi Unisri Diresmikan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top