Tim RISPRO-LPDP Univet Bantara Gelar Sosialisasi Kegiatan Riset Tahun Kedua

Print Friendly and PDF

Wakil Rektor 1 Univet Bantara, Dr. Sri Hartati saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara RISPRO - LPDP.

Tim RISPRO-LPDP Univet Bantara Gelar Sosialisasi Kegiatan Riset Tahun Kedua

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim RISPRO-LPDP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menggelar sosialisasi kegiatan riset tahun kedua "Meningkatkan Kompetensi Guru, Merdeka Belajar, dan Membangun Learning Community melalui Implementasi Lesson Study". Rabu (22/12/2021) bertempat di Hotel Tosan Solo Baru.

Ketua tim peneliti, Prof. Dr. Herry Agus Susanto, M.Pd menyampaikan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan riset tahun kedua RISPRO LPDP Kementerian Keuangan yang diawali sosialisasi kepada peserta yang terdiri dari guru TK, SD, dan SMP serta Pengawas Kabupaten Sukoharjo.

"Tahun pertama peserta hanya guru SD. Tahun kedua minat para guru didukung mitra yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo akhirnya disepakati untuk perluasan kepesertaan melibatkan guru TK dan SMP tidak hanya SD serta pengawas," ujarnya.

Peserta kegiatan dari bapak dan ibu guru TK, SD, SMP dan Pengawas di Kabupaten Sukoharjo.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan pembekalan dan penguatan kepada para peserta untuk memahami perihal lesson study yang nantinya ketika diimplementaskan dalam pembelajaran sesuai kaidah-kaidah lesson study.

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, Wakil Rektor 1 Univet Bantara, Dr. Sri Hartati menyampaikan rasa syukur dan sangat bangga atas capaian Prof. Dr. Herry Agus Susanto yang menunjukkan para dosen melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa penelitian selain pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

"Harapan setelah mengikuti kegiatan ini nanti para peserta dengan bekal yang disampaikan narasumber dapat memberikan pencerahan kepada guru dalam mengimplementasikan lesson study di sekolah masing-masing," harapnya.

Disampaikan pula, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebupaten Sukoharjo telah melakukan penandatanganan kerjasama di tahun pertama di bulan Maret 2020 bersepakat melaksanakan kegiatan ini dan dievaluasi penelitian oleh Prof. Dr. Herry Agus Susanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Drs. Darno, M.Pd diwakili Kabid PTK (Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Drs. Suroto mengatakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mendukung lesson study dari tim dosen Univet yang sudah disosialisasikan kepada guru mata pelajaran matematika maupun guru bahasa Indonesia. Hal ini mendukung peningkatan kompetensi guru ke arah program merdeka belajar, guru penggerak, program sekolah penggerak, maupun program organisasi penggerak.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini yakni Dr. Agus Muji Santoso, M.Si selaku penggiat lesson study Indonesia juga Wakil Rektor 1 bidang akademik Universitas PGRI Kediri dan salah satu Duta Kampus Merdeka Indonesia memberikan materi bagi para guru dan pengawas. Sehingga nantinya dapat melaksanakan pembelajaran berbasis lesson study berkaitan merdeka belajar dan learning community. (Sofyan)


Baca juga: Meriahkan Hari Ibu, Warga Rt 7 Rw 7 Sumber Adakan Senam dan Jalan Pagi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top