Lembaga Pengelolaan dan Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Lakukan Evaluasi Kegiatan Tim Riset RISPRO-LPDP Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Tampilan layar Tim Evaluasi Lembaga Pengelola Dana Penelitian (LPDP) Kementerian Keuangan RI melakukan Monitoring terhadap kegiatan Riset yang dilaksanakan oleh Tim Peneliti Rispro LPDP Univet Bantara Sukoharjo.


Lembaga Pengelolaan dan Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Lakukan Evaluasi Kegiatan Tim Riset RISPRO-LPDP Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim Evaluasi Lembaga Pengelola Dana Penelitian (LPDP) Kementerian Keuangan RI melakukan Monitoring terhadap kegiatan Riset yang dilaksanakan oleh Tim Peneliti Rispro LPDP Univet Bantara Sukoharjo. Selasa (14/9/2021) melalui daring.

Tim monitoring terdiri dari Prof. Dr. Amirul Mukminin (Reviewer), Wisnu Sardjono (Direktur Fasilitasi Riset LPDP), Diki Candra Setiawan (Divisi Evaluasi Pendanaan Riset), dan Budi Irawan (Subdivisi Kerjasama Pendanaan Riset LPDP).

Sedangkan Tim riset dari Univet Bantara Sukoharjo, terdiri Ketua Prof. Dr. Herry Agus Susanto, beserta anggotanya Dr. Meidawati Suswandari, Dewi Kusumaningsih, M.Hum, Dr. Sri Mulyati, Suyamto, S.Pd. Dari Mitra Drs. Darno, M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo), Drs. Suroto (Kabid Pendidikan dan Tendik), dan Sri Hadiyatmini, M.Pd (Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo), didamping oleh Dr. Sri Hartati, MP (Ketua LPPM Univet Bantara Sukoharjo).

Pada saat evaluasi, Prof. Dr. Herry Agus Susanto, sebagai ketua memaparkan ketercapaian indikator kinerja riset (sebagai luaran), pendanaan, keterlibatan mitra dan rencana kegiatan tahun kedua. Ketercapaian indikator kinerja riset (IKR) ada 4 macam, yaitu : (1) Model Pedoman Implementasi Lesson Study, (2) Kebijakan Implementasi Lesson Study, (3) Artikel Jurnal Nasional, dan (4) artikel diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi. 

Baca juga: Direktur SMK Apresiasi Prestasi SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta

Persentase ketercapaian IKR masing-masing: Model Pedoman Implementasi Lesson Study (100%), Kebijakan Implementasi Lesson Study (100%), (3) Artikel Jurna Nasional (100%), dan artikel diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi (100%). Dalam paparanya, tim riset pada tahun kedua, keterlibatan implementasi Lesson Study tidak hanya untuk para Guru Sekolah dasar, tetapi akan melibatkan Guru Taman Kanak-Kanak (TK/ PAUD) dan Guru SMP. 

"Tim riset mengucapkan terima kasih atas kepercayaan LPDP telah memberikan hibah kegiataan riset ini. Dan juga sangat berterima kasih kepada Mitra riset, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, melalui Kepada Dinas P dan K, Bapak Drs. Sudarno, M.Pd. Kebermaknaan riset meliputi meningkatnya kompetensi guru, melalui implementasi Lesson Study," tutur Prof. Dr. Herry Agus Susanto.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo Drs. Darno, M.Pd, sebagai mitra riset menyampaikan keterlibatan mitra, meliputi pendanaan secara cash maupun ik-kind. Keterlibatan lain dari mitra adalah mengkoordinasikan, menyediakan sarana prasarana, membantu pembiayaan, serta mendampingi dan memonitor selama kegiatan riset. 

Drs. Darno, M.Pd juga menyampaikan bahwa kegiatan Lesson Study, merupakan salah satu kegiatan peningkatan kompetensi guru di Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan Lesson Study, akan mulai dikenalkan kepada guru sebanyak sekitar 1250 guru. Hal ini merupakan tindak lanjut kegiatan riset, dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi guru, merdeka belajar dan Learning Community.

Anggota tim riset dari Mitra, Sri Hadiyatmini, M.Pd (Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo) juga menyampaikan bahwa kegiatan riset ini, sangat bermanfaat dan dirasakan oleh para guru. 

Sri Hadiyatmini juga menyapaikan bahwa para guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Lesson Study yang dilaksanakan oleh tim Rispro Univet Bantara Sukoharjo. Dia juga sangat berharap bahwa kegiatan ini akan berlanjut untuk tahun kedua, agar tidak hanya dikembangkan untuk para guru di Sekolah Dasar saja, tetapi juga kepada guru PAUD/TK, dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SMP) di Kabupaten Sukoharjo.

Melalui kegiatan evaluasi, tim evaluasi dari LPDP menyampaikan beberapa hal, diantaranya:  (1) perlunya ada penambahan materi berkaitan dengan merdeka belajar, (2) meminta tim riset untuk mengupayakan artikel yang diterbitkan pada jurnal nasional, baik jurnal kategori Sinta-1 atau Sinta-2; (3) Artikel yang akan diterbitkan pada jurnal internasional, diminta untuk dipilih jurnal yang terindek Scopus atau WoS dengan SjR dan IF yang memenuhi persyaratan.

Pada saat akhir kegiatan evaluasi, Dr. Sri Hartati, MP Ketua LPPM Univet Bantara Sukoharjo, diberi kesempatan untuk menutup kegiatan dan menyampaikan pesan dan harapan. 

Dr. Sri Hartati, MP. menyampaiakan bahwa Riset yang dilakukan olem Tim Rispro LPDP yang diketuai oleh Prof. Dr. Herry Agus Susanto, merupakan riset kebanggaan LPPM, karena merupakan satu-satunmya riaet dan yang pertama dilakukan oleh dosen di Univet Bantara Sukoharjo. Selain itu, juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Evaluasi LPDP, agar kegiatan riset ini menjadi lebih baik, dan memotivasi dosen lain untuk melakukan kegiatan penelitian. 

Harapanya adalah kegiatan penelitian ini dapat dilanjutkan pada tahun kedua. Sehingga menghasilkan riset secara utuh dan mendorong dosen lain untuk meningkatkan kegiatan penelitian. (Sofyan)


Baca juga: Support Produk KWT Teh Bunga Telang, KKN Univet Lakukan Pelatihan Pembuatan Packaging



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top